Lumajang Harus Menciptakan Iklim Rangsang Anak Muda Untuk Kreatif

Agusta Jaka, saat mendampingi H Rofik diwawancara media.

LUMAJANG, Minggu (13/5/2018) suaraindonesia-news.com – Lumajang harus bisa menciptakan iklim bagaimana merangsang sifat kreatifitas anak-anak muda untuk berusaha secara kreatif.

Hal ini disampaikan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Jember, H Agusta Jaka Purnama SE, saat menghadiri acara seminar dan bedah buku mengupas “Masa Depan Kabupaten Lumajang, Kajian Dasar Pembangunan Daerah”, sore tadi.

Dikatakan Agusta, jika pihaknya melihat Kabupaten Lumajang dari sudut pandang dirinya sebagai investor, yang pertama yang harus dilakukan adalah daerah itu menjanjikan apa kepada investor yang akan masuk ke Kabupaten Lumajang.

“Sebagai investor, saya melihat dulu apa yang dirawarkan Kabupaten Lumajang, seperti investor bisa masuk ke sebuah daerah dengan izin dipermudah,” katanya kepada media tadi sore seusai acara.

Selain itu, menurut Agusta, Pemerintah Kabupaten Lumajang, harus fokus disektor apa yang akan dikerjakan lebih dahulu untuk menarik investor, agar bisa berinvestasi di Kabupaten Lumajang.

“Daerah itu harus punya fokus, kedua perizinan dipermudah dan satu atap, intrastruktur dan fasilitas tersedia aeperti penerangan ada jika dibutuhkan atau air bersih,” bebernya lagi.

Ditegaskan lagi oleh Agusta, hal itu yang harus didorong oleh Kabupaten Lumajang, jika menginginkan perubahan demi masa depan lebih baik.

“Seperti dari sisi sektor pertanian, Kabupaten penghasil pisang ini harua merubah pola pikir yang dari hulu dirubah dengan pola pikir hilir,” ujarnya lagi.

Produk hilir yang perlu digarap. Agusta mencontohkan, seperti keciput saja bisa dijual dengan harga Rp 10.000 hanya beberapa biji saja. Hal itu menurutnya adalah sebuah inovasi.

Hal yang sama disampaikan mantan Kepala Dinas Lingkungan Kabupaten Lumajang, Ir Nurul Huda, bahwa menurutnya harus bisa menggunakan produk hasil pertanian lokal.

“Semisal pada setiap acara yang dilaksanakan, diharapkan bisa menggunakan produk hasil pertanian lokal, seperti polo pendem,” katanya saat ditanyai wartawan.

Terkait dengan infrastruktur kata Nurul, pihaknya jika nantinya terpilih menjadi pemimpin Lumajang, maka semuanya akan dilaksanakan seperti apa yang sudah dituliskan pada buku karya H Rofik SH MH itu.

“Semua program akan kami laksanakan jika dipilih masyarakat Lumajang memimpin, sebab ini semua demi masa depan Lumajang,” pungkasnya.

Reporter : Achmad Fuad Afdlol
Editor : Panji
Publiser : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here