Launching Aplikasi Jangka Joyoboyo Berbasis Android

oleh -166 views

Reporter: Cahya

Surabaya, Rabu (02/11/2016) suaraindonesia-news.com – Kapolda Jatim‎‎, Irjend Pol Drs. Anton Se H, MH melakukan kunjungan kerjanya di Kediri, dan langsung disambut hangat Kapolres Kediri, AKBP Yosep Gunawan bersama sejumlah Forpimda yang hadir di Mapolres Kediri, diiringi penampilan seni jaranan (kuda lumping) dan reog. Kunjungan kerja Kapolda Jatim tersebut, juga dihadiri Danbrigif 16/WY Kolonel Inf Samuel Jeferson, Dandim Kediri, Letkol Inf Purnomosidi, Danyonmek 521/DY, Letkol Inf Made Sandi Agusto, Bupati Kediri, Hj.Haryanti Sutrisno, Kapolresta Kediri, AKBP Wibowo, selasa (01/11/2016).

Pada sambutannya, AKBP Yosep Gunawan mengatakan, aplikasi Jangka Joyoboyo ini dapat diunduh secara gratis via Google Play Store (berbasis android), dan aplikasi ini diperuntukan mempermudah masyarakat melaporkan peristiwa kejahatan, kecelakaan lalu lintas ataupun kritik sosial yang akan dapat langsung diteruskan ke pihak Polri, TNI, dan juga Pemerintah Daerah Setempat.

Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan tombol darurat untuk memudahkan masyarakat menghubungi pihak kepolisian, dan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat ,Polres Kediri saat ini sudah memasang 8 CCTV dititik rawan laka lantas dan pelanggaran rambu-rambu lalu lintas. Yang sangat membanggakan dari Polres Kediri ini adalah e-Tilang, yaitu sebuah layanan berbasis elektronik melalui aplikasi mobile ,yang berfungsi untuk melakukan transaksi pembayaran titipan denda tilang BRI secara online.

Irjend Pol Drs. Anton Setiadji ,SH, MH pada kesempatan sambutannya mengatakan, sangat bangga, dan mengapresiasi Polres Kediri yang telah mencetuskan program e-tilang yang menjadi program nasional ,apalagi sudah mendapatkan kebijakan dari kajari dan jaksa agung untuk mempermudah proses hukum, namun program ini seharusnya dilakukan di kota-kota besar karena di daerah-daerah terpencil masih terkendala sistim jaringannya.

Program ini jangan hanya gebrakan saja, mudah-mudahan penggantinya bisa melanjutkan, minimal mempertahankan program yang sudah ada.

Menurut Letkol Inf Purnomosidi, Kodim 0809/Kediri juga turut mengapresiasi program jangka joyoboyo berbasis android ini, dengan mempublikasikan kepada seluruh Koramil jajaran Kodim Kediri, terutama yang menjabat sebagai Danramil dan Babinsa, untuk mendownload aplikasi ini melalui ponsel berbasis android. Aplikasi ini merupakan aplikasi jaringan terpadu yang dapat diakses oleh publik dan diterima sesuai dengan instansi yang berhubungan dengan permasalahan di lapangan (jaringan 3 in 1).

Dalam kunjungan kerja orang nomor satu di jajaran Polri Jawa Timur tersebut juga dilakukan prosesi Peresmian Gedung yang ditandai pemotongan pita ,peninjauan gedung pelayanan publik berbasis teknologi, penandatanganan Prasasti pembangunan Mapolres Kediri, dan penandatanganan sertifikat penghargaan pelayanan publik berbasis teknologi. Pada acara tersebut juga dilakukan pelepasan 2 truk bantuan sosial korban bencana alam di Kabupaten Garut berupa sembako, yang dilakukan langsung oleh Kapolda Jatim, dan disaksikan langsung oleh seluruh Forpimda Kediri.

Tinggalkan Balasan