Laksanakan Rakorbang, Ini Harapan Wakil Bupati Nias

Kiri Sekda, tengah wakil bupati dan Kiri asisten

NIAS, Rabu (18/10/2017) suaraindonesia-news.com – Wakil Bupati Nias, Arosokhi Waruwu, SH, MH pimpin Rapat Kordinasi bidang pembangunan tahun 2017 bertempat di ruang pertemuan lantai 3 Kantor Bupati Nias Rakor.

Dalam laporannya, Asisten Perekonomian, pembangunan dan kehumasan Sekda Kabupaten Nias, AHD. Darwis Zendrato, S.Sos menyampaikan bahwa pembangunan sebagai mana kita pahami adalah proses multidimensional yang menyentuh dan merangkum semua aspek kehidupan masyarakat.

Oleh karena itu, kata dia proses dan dinamika pembangunan termasuk pembangunan daerah kita di Kabupaten Nias, haruslah dikawal dengan landasan yuridis operasional dan pendekatan yang holistik integral serta dilandasi oleh premis rasional melalui visi dan misi daerah yang di tetapkan dalam rencana pembangun jangka menengah daerah (RPJMD) Kabupaten Nias 2016 – 2021.

Baca Juga: Akhirnya 3 Korban Longsor Sumberbaru Berhasil Ditemukan

“Maksud pelaksanaan rakorbang antara lain untuk mengevaluasi pelaksanaan program dan kegiatan serta tingkat serapan anggaran TA. 2017, membahas dan mengkoordinasikan sejauhmana tingkat capaian kinerja pembangunan yang sedang dan akan dilaksanakan serta mencari solusi atas kendala yang dihadapi,” Jelasnya.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Nias mengatakan untuk menjamin tercapainya tujuan dan sasaran pembangunan yang tertuang dalam APBD Kabupaten Nias tahun anggaran 2017, di perlukan adanya sebagai wujud pengendalian untuk memastikan berjalannya program dan kegiatan pada setiap periode dalam kerangka siklus manejemen pembangunan secara utuh sekaligus sebagai evaluasi kinerja pimpinan SKPD selaku pejabat pimpinan tinggi pratama, tutur Wakil Bupati.

Baca Juga: MCW Temukan Ada 10 Masalah Akibat Lemah Peran dan Fungsi DPRD Kota Batu

Wakil Bupati Nias juga menegaskan 3 hal dalam sambutannya antara lain, Segera melakukan evaluasi secara menyeluruh di masing masing perangkat daerah terhadap progres pelaksaan program dan kegiatan serta identifikasi hambatan yang ada, kemudian Segera melakukan langkah langkah dalam rangka percepatan penyelesaian program/kegiatan P-APBD, dan Segera optimalkan penyerapan anggaran khususnya yang bersumber dari dana alokasi khusu (DAK) dengan mengintensifkan pengendalian internal di masih masih satuan perangkat daerah sehingga dapat terlaksana secara tepat waktu, tepat mutu, tepat mengedepankan profesionalitas, tutur Wakil Bupati Nias.

Rapat Kordinasi tersebut dihadiri oleh staf ahli Bupati Nias, Asisten Sekda Nias, Kan SKPD, kepala Bagian lingkup setda Nias dan Camat se Kabupaten Nias. (T2g)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here