Lagi, Larantuka Diguncang Gempa Bumi

oleh -335 views
Gambar peta Larantuka

LRANTUKA-NTT, Sabtu, (24/02/2018) suaraindonesia-news.com – Gempa bumi kembali mengguncang wilayah NTT. Kali ini, Sabtu 24 Februari 2018 gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Larantuka.

Hasil analisis BMKG menunjukan bahwa gempa bumi terjadi pada pukul 00:09:38 WITA dengan kekuatan M=3.8 Skala Richter dengan episenter terletak pada koordinat 8.15 LS dan 123.28 BT, pada kedalaman 12 km.

Dilansir dari Pos Kupang, Peta tingkat guncangan (shake map) BMKG menunjukan bahwa dampak gempa bumi berupa guncangan lemah di rasakan di daerah Larantuka, dalam skala intensitas I SIG-BMKG atau ( I-II MMI).

Di daerah ini guncangan gempa bumi dilaporkan dirasakan oleh beberapa orang.

Baca Juga: Yosef A. Nae Soi, Sosok Politisi Senior NTT yang Santun 

Menurut kepala stasiun geofisika Kampung Baru Drs. Hasanudin, terkait dengan peristiwa gempa bumi Larantuka yang baru saja terjadi, hingga laporan ini disusun pada pukul 01:17:00 WITA, belum terjadi aktivitas gempabumi susulan.

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

“Masyarakat dihimbau agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. Khusus masyarakat di daerah pesisir Larantuka di himbau agar tidak terpancing isu karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami,” ujar Hasanudin.

Reporter : Yoko
Editor : Amin
Reporter : Tolak Imam

Tinggalkan Balasan