Kwarcab Pramuka Sumenep Gelar Workshop Pemberdayaan Peran Serta Mabigus

Kwarcab Pramuka Sumenep Gelar Workshop Pemberdayaan Peran Serta Mabigus

Sumenep, Suara Indonesia – Melalui peran dan kepedulian para Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) Gerakan Pramuka di masing-masing lembaga pendidikan di Sumenep diharapkan perkembangan Pramuka di Sumenep akan  semakin berpacu dengan baik.

Hal tersebut ditegaskan Wakil Bupati Sumenep, H. Soengkono Sidik, S.Sos, M.Si pada Pembukaan Workshop “Pemberdayaan Peran Serta Mabigus Gerakan Pramuka se Kabupaten Sumenep” di Aula UPT. SKPP Batuan Sumenep, Rabu (20/02).

Menurtnya, saat ini Pramuka sangat strategis sebagai salah satu wahana penting untuk pembentukan watak dan karakter anak-anak bangsa. Dan bisa menjadi kekuatan nasional generasi dimasa mendatang.

“bahkan dalam sejarah, negara telah mencatat, Pramuka ikut andil dalam kebangkitan nasionalisme sejak duu higga kini.”ujaarnya.

Bahkan, setelah adanya Undang-Undang RI No. 12 tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka, merupakan bentuk nyata perhatian Pemerintah terhadap organisasi Kepanduan ini. Karena itu, program pembinaan kaum muda melalui Gerakan Pramuka penting terus dilakukan dan dikembangkan melalui kegiatan di gugus Depan sebaga ujung tombak pembinaan kepramukaan.

Apalagi, tegas Wabup Sumenep ini, sejak tahun ini, pendidikan Kepramukaan masuk dalam ekstrakulikuler wajib di sekolah. Sehingga, Pramuka akan semakin kuat dengan dukungan seluruh stakholder yang ada. Karena itu harus ada komitment dan kerja keras bersama untuk melakukan berbagai inovasi agar kegiatan Pramuka bisa disenangi peserta didik.

Sementara Ketua Pelaksana Workshop, Drs.H.M. Sudirman, MM menjelaskan, tujuan kegiatan tersebut, disamping untuk mensosialisasikan UU RI No.12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka juga mensosialisasikan akreditasi Gugus Depan.

“Kegatan ini juga untuk memberikan pemahaman kebijakan pola pembinaan Gerakan Pramuka di Sekolah atau Madrasah.”Jelasnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Plt. Ketua Kwarcab Pramuka Sumenep, Drs.H. M. Siraj Aidi, M.Si agar kegiatan Workshop tersebut terus bisa dilakukan dengan berkesinambungan kepada Mabigus SD,MI dan lainnya, sehingga kegiatan Pramuka ke depan semakin maju.

“karena itu nantinya para Mabigus juga bisa melakukan koordinasi dengan Mabiran yang ada di masing-masing Kecamatan sehingga kegiatan Pramuka mendapat dukungan dariseluruh unsur yag ada.”Tambahnya.

Dalam Pembukaan Workshop tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Sumenep, H.Ach. Masuni. SE, M.Si dan Kepala Kemenag Sumenep, H.Idham Kholid, MH. Disamping itu para Kepala UPT Pendidikan Kecamatan se Kabupaten Sumenep juga sebagai peserta, sedangkan pemateri selain dari Kwarda Jatim juga Kepala Dinas Pendidikan Sumenep.

Reporter : Slamet reno

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here