Kuasa Hukum Paslon Berbaur Minta KPU Pamekasan Segera Tetapkan Berbaur Sebagai Pemenang Pilkada 2018

PAMEKASAN, Kamis (09/08/2018) suaraindonesia-news.com – Kuasa Hukum Paslon Berbaur, Moh. Noval Ibrohim Salim, mengatakan, agar KPU Pamekasan segera melakukan rapat pleno untuk menetapkan hasil pemenang pilkada Pamekasan 2018.

Hal itu dikatakannya pasca Mahkamah Konstitusi (MK) RI resmi menolak gugatan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati (Cabup-Cawabup) Pamekasan, KH. Kholilurrahman – Fathorrohman.

“Dalam amar putusannya, MK menyatakan mengabulkan eksepsi termohon dan pihak terkait. Dalam pokok perkara menyatakan permohonan pemohon tidak dapat diterima,” katanya. Kamis (9/8).

Menurutnya, penolakan MK terhadap permohonan pemohon atas pertimbangan tenggang waktu pengajuan yang diajukan oleh pemohon melebihi batas waktu tenggang waktu yang ditentukan oleh perundang-undangan dan yang mengajukan permohonan adalah pasangan calon bukan hanya calon bupati saja sesuai dengan yang didaftarkan di MK.

“Pastinya MK menilai permohonan pemohon tidak dapat diterima atau ditolak, itu pertimbangannya. Karena sudah secara formil dinyatakan sudah tidak dapat diterima atau ditolak maka pokok perkaranya tidak dipertimbangkan lebih lanjut oleh mahkamah,” ujarnya.

Baca Juga: FPP Cium Dugaan Penyelewengan Raskin di Pademawu Pamekasan 

Berdasarkan Peraturan Perundang-undangan (Perpu), yaitu Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 01 Tahun 2017 sebagaimana dirubah PKPU Nomor 02 Tahun 2018, maka tiga hari setelah putusan MK, KPU melakukan rapat pleno penetapan paslon terpilih dengan segera mengurus Surat Keputusan (SK) dari Mendagri yang mengatur pelantikan paslon Berbaur sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Pamekasan.

Reporter : May/Ita
Editor : Amin
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here