KPU Kota Batu Serahkan Hasil Penelitian Administrasi ke Delapan Parpol

KPU Kota Batu Serahkan Hasil Penelitian Administrasi ke Delapan Parpol

KOTA BATU, Selasa (12/12/2017) suaraindonesia-news.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Batu, Selasa (12/12/2017) siang menyerahan salinan berita acara hasil penelitian administrasi perbaikan keanggotaan partai politik (parpol) calon peserta pemilu 2019 di kota Batu kepada petugas penghubung parpol dan Panwas Kota Batu.

“Hari ini adalah penyerahan hasil penelitian administrasi hasil perbaikan, dari 8 parpol yang ada di kota Batu, yang periode pertama ada 14 parpol, hasilnya setelah diteliti lolos dari hasil factual,” kata Mardiono Devisi Hukum, Pengawasan, SDM dan Organisasi Komisioner KPU kota Batu, saat ditemui di Kantor KPU Kota Batu.

Menurutnya, lolos dan tidaknyanya hasil penelitian administrasi hasil perbaikan itu menunggu verifikasi factual dari KPU RI, Lolos dan tidaknya itu yang menentukan KPU RI.

“Karena berdasarkan peraturan dan perundang-undangan yang ada , calon partai politik peserta pemilu 2019, harus mempunyai kepengurusan ditingkat propinsi yakni 100 persen yakni 34 propinsiyang ada di Indonesia,” jelas Mardiono.

Lanjutnya dalam tingkat propinsi minimal, 75 persen kepengurusan kabupaten /kota di setiap propinsi yang bersangkutan.

“Kalau di Jawa Timur sedikitnya memiliki kepengurusan di 29 Kota/Kabupaten,” ungkapnya.

Terkendalanya Parpol, kurang memenuhi syarat keanggotaan minimal yang ditentukan, kata dia ternyata setelah dilakukan penelitian terdapat kepengurusan ganda hingga mereka kurang 9 dan ada yang kurang 10 dari ketentuan 203, dari 14 Parpol ada 6 yang tidak melakukan perbaikan.

“Penyerahan KTP ada kurang dari 203, sedang ada pengurus parpol yang tidak menjadi anggota parpolnya, kemarin itu perbaikan hanya dilakukan sekali saja.” Pungkasnya.

Reporter: Adi Wiyono
Editor: Amin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here