KPU Jatim Pantau Kinerja KPU Sampang Terkait PSU

Ilustrasi

SAMPANG, Kamis (27/9/2018) suaraindonesia-news.com – Agar pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Kabupaten Sampang, yang menjadi sorotan dan perbincangan publik berjalan lancar dan sukses, KPU Jawa Timur terus memantau perkembangan kinerja penyelengara pemilu di Kabupaten Sampang.

“Tahapan demi tahapan untuk menjalankan apa yang menjadi putusan MK telah dilaksanakan oleh KPU Sampang, termasuk mencoklit ulang daftar pemilih sebelum ditetapkan sebagai DPT,” ungkap Ketua KPU Jawa Timur Eko Sasmito, S.H, M.H ketika usai mengisi kuliah tamu di Universitas Trunojoyo Madura, kemarin.

Menurutnya, kejadian di Sampang harus menjadi pembelajaran semua pihak baik penyelenggara, pemilih, maupun seluruh pihak terkait. Sebab, proses pilkada tersebut memang melibatkan banyak pihak.

Seperti contohnya proses Penetapan DP4 (Data Penduduk Pemilih Potensial Pemilu) yang kemudian menjadi Daftar Pemilih tetap (DPT) melewati beberapa tahap. Hingga diperoleh data yang valid yang dinyatakan sebagai DPT.

DP4 tersebut diperoleh datanya dari Kemendagri yang mana hal tersebut merupakan data penduduk yang sekiranya pada hari pemungutan suara berusia diatas 17 tahun.

“Sesuai aturan, untuk menjadikan DP4 ke DPT melalui proses DPS (Daftar Pemilih Sementara), pada waktu ini KPU membentuk tim untuk melakukan coklit ke masyarakat agar data yang diperoleh valid sehingga dapat ditetapkan sebagai daftar tetap,” ungkapnya.

Pihaknya menyampaikan bahwa penyelenggara telah siap menggelar PSU, terlebih lagi Senin kemarin KPU Sampang telah melakukan publikasi hasil sinkronisasi DP4 sebagai bahan perbaikan DPT pada PSU mendatang.

Diakuinya, bahwa kejadian di Sampang memang perlu ada pembenahan dan evaluasi bersama agar kejadian serupa tak terjadi kembali di masa yang akan datang.

Reporter : Nora/feri
Editor : Amin
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here