Kornas TRC PA : Tak Ada Alasan Untuk Anak Tak Mendapatkan Akta Lahir

Naumi Lania Saat Keliling Untuk Memastikan Akta Lahir Anak

JAKARTA, Kamis (14 September 2017) suaraindonesia-news.com – Masih banyak anak Indonesia yang belum mendapatkan haknya sebagai anak seperti identitas dari Negara yaitu akta lahir. Hal tersebut dikatakan Naumi Lania Koordinator Nasional Tim Reaksi Cepat Perlindungan Anak (Kornas TRC PA). Kamis (14/9).

Menurutnya, dari pemantauannya di lapangan bahwa ada banyak anak Indonesia yang belum mendapatkan akta lahir. Baca Juga: Kornas TRC PA Keliling Nias, Ini Yang Ditemukan

“Kebanyakan anak Indonesia belum tercatat identitas dirinya, dengan kata lain anak-anak ini tak memiliki status kewarganegaraan. Mencatatkan, mengratiskan pembuatan akta kelahiran, melindungi anak, menghargai dan mengakui status anak, penting dilakukan orangtua juga negara sebagai bentuk pemenuhan hak anak atas identitas dirinya melalui pembuatan akta kelahiran,” tuturnya.

Lebih lanjut Naumi mengatakan jika Anak yang tidak memiliki akte kelahiran tidak tercatat dalam kependudukan, tidak punya posisi hukum, tidak punya hak dasar dan tidak punya status kewarganegaraan.

Untuk itu, Naumi meminta Negara agar lebih memberikan kemudahan kepada setiap orang tua atau organisasi peduli anak disetiap pengurusan akta lahir anak.

“Kita semua harus peduli dan mengajak pemerintah agar memudahkan setiap pengurusan akta lahir untuk anak,” pinta Naumi. (T2g)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here