Koramil 0820/04 Bantaran Gelar Kerja Bakti

Probolinggo, suaraindonesia-news.com – Dalam rangka untuk meningkatkan sarana akses jalan desa yang digunakan oleh masyarakat, Koramil 0820/04 Bantaran melalui program Kemanunggalan TNI bersama masyarakat, Rabu (14/8) menggelar kerja bakti melebarkan jalan desa di Dusun Watu Ewuh Desa Legundi Kecamatan Bantaran.

Kerja bakti ini digelar berdasarkan instruksi dari Komandan Korem (Danrem) 083/Baladhika Jaya Malang Kolonel Inf. Ardiansyah Triono yang ditindaklanjuti oleh Komandan Kodim (Dandim) 0820 Probolinggo Letkol Inf. Alfi Sahri Lubis kepada semua Komandan Koramil (Danramil) di jajaran Kodim 0820 Probolinggo.

Dalam kerja bakti tersebut, sedikitnya ada sekitar 65 orang yang terlibat. Mereka terdiri dari jajaran Kodim 0820 dan Koramil 0820/04 Bantaran serta masyarakat dari RT 09 sampai RT 11 Dusun Watu Ewuh Desa Legundi Kecamatan Bantaran.

Kerja bakti tersebut dimulai sekitar pukul 07.00 pagi dengan melakukan pelebaran jalan desa yang menghubungkan antara Desa Legundi dengan wilayah Kecamatan Kuripan menuju Kecamatan Wonomerto. Lebar jalan desa yang awalnya hanya 2 meter, dilebarkan menjadi 3 meter dengan panjang sekitar 1,4 kilometer.

Pelaksanaan kerja bakti tersebut dihadiri oleh Pasiter Kodim 0820 Probolinggo Kapten Cpl. Eko Saputro, Batituut Koramil 0820/04 Bantaran Pelda Balok Abdul Rohim, Kepala Desa Legundi Bambang Sutrisno dan Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Legundi Sipurwandi.

Pasiter Kodim 0820 Probolinggo Kapten Cpl. Eko Saputro mengungkapkan bahwa karya bakti yang dilakukan tersebut merupakan salah satu bentuk kemanunggalan TNI dengan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Karya bakti tersebut dilakukan berdasarkan dari aspirasi dan usulan masyarakat yang nantinya dapat membantu masyarakat setempat untuk menikmati akses jalan yang lebih baik serta kenyamanan oleh masyarakat sehari hari.

“Selama ini kondisi jalan tersebut sangat bergelombang. Sehingga jalan yang merupakan salah satu akses penting yang dilalui oleh masyarakat Dusun Watu Ewuh Desa Legundi Kecamatan Bantaran ini sangat mengkhawatirkan. Dengan adanya pelebaran akses jalan ini setidaknya akan membuat nyaman masyarakat yang melintas,” ungkapnya.

Sementara Batituut Koramil 0820/04 Bantaran Pelda Balok Abdul Rohim selaku koordinator pelaksanaan kerja bakti menyatakan siap untuk membantu melaksanakan aktifitas yang bermanfaat bagi masyarakat. Yaitu, menyerap keinginan dan aspirasi masyarakat supaya pelebaran akses jalan makadam dapat melancarkan segala aktifitas para petani untuk pengiriman hasil pertaniannya.

“Paling tidak pelebaran jalan desa ini dapat memperlancar aktifitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan menambah kenyamanan aktifitas bagi anak-anak untuk bersekolah,” ujarnya.

Sedangkan Kepala Desa Legundi Bambang Sutrisno mengungkapkan untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat harus juga didukung oleh infrastruktur khususnya jalan. Hal ini dilakukan supaya hasil bumi dari para petani dapat didistribusikan dengan lancar sehingga mempercepat kegiatan perekonomian.

“Masyarakat Desa Legundi tepatnya Dusun Watu Ewuh sangat mendukung. Sebab hal ini merupakan impian masyarakat sejak lama agar akses jalan yang ada tidak menghambat mereka dalam beraktifitas. Selama ini masyarakat menginginkan supaya jalan tersebut dapat dilalui oleh transportasi terutama kendaraan roda empat,” tuturnya.

Impian tersebut diwujudkan dengan sangat antusiasnya masyarakat dalam mengikuti pelaksanaan kegiatan tersebut. “Masyarakat berharap agar bisa diwujudkan pembangunan yang ada di Desa Legundi dari aspek fisik terdiri dari sejumlah upaya perbaikan sarana dan prasarana pendukung percepatan pembangunan ekonomi masyarakat,” jelasnya.

Pembangunan fisik yang dimaksud antara lain berupa pelebaran badan jalan lintas dan pembuatan pembangunan jembatan penghubung antara wilayah Kecamatan Kuripan menuju wilayah Kecamatan Wonomerto dan juga wilayah Kecamatan Bantaran menuju wilayah Kecamatan Kuripan.

Reporter : in

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here