Koptan Sejahtera Desa Hilimbuasi O’ou, Gelar Panen Jagung Bersama Wabup Nisel

Panen jagung bersama Wakil Bupati Nias Selatan

Reporter : Taando Mana

Nias Selatan, suaraindonesia-news.com Kelompok tani ”Sejahtera”, Desa Hilimbuasi, Kecamatan O’ou, Nias Selatan (Nisel), Provinsi Sumatera Utara menggelar panen jagung bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias Selatan seluas 2 hektar dengan hasil 7,1 ton per hektar.

Wabup Nisel Sozanolo Ndruru mengakui bahwa warga Hilimbuasi dapat menjadi contoh bagi masyarakat O’ou lain di bidang pertanian jagung.

Selain kegiatan memanen jagung, Wabup Nisel Sozanolo Ndruru juga memberikan bantuan 1 unit mesin pengupas biji jagung kepada kelompok tani ”Sejahtera”, demi mempercepat proses pengelolaan sehingga petani mudah memperoleh penghasilan semaksimal mungkin dalam waktu yang singkat dan hasil perekonomian masyarakat dapat meningkat.

Wabup Nisel Sozanolo Ndruru mengakui bahwa desa hilimbuasi telah menjadi contoh bagi masyarakat lain khususnya di kecamatan O’ou untuk termotivasi menanam jagung sebagai mata pencaharian baru.

“Dengan anjloknya harga karet barangkali tidak menjadi hambatan bagi masyarakat karena masih ada penghasilan lain yaitu jagung sehingga masyarakat tidak merasa kesusahan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari,” kata Sozanolo Ndruru.

Menurut Wabup, tanaman jagung ini merupakan alternatif lain bila seandainya harga karet turun sehingga dapat menunjang kebutuhan kita sehari-hari.

Ia berharap kepada masyarakat supaya bantuan mesin pengupas biji jagung dan alat lainnya yang diberikan oleh pemerintah dijaga dengan baik agar dapat termanfaatkan dalam jangka waktu yang lama.

Jagung masyarakat Hilimbuasi ditanam beberapa bulan lalu, saat ini memperoleh hasil yang sangat memuaskan sehingga dalam waktu singkat, kelompok tani ”Sejahtera” desa Hilimbuasi O’ou mendapat penghasilan melalui bertani jagung hingga puluhan juta rupiah.

Ketua kelompok tani ”Sejahtera” saat di datangin tim media ini Sabtu (9/7) menjelaskan bahwa keberhasilan kelompoknya merupakan dukungan motivasi dari Pimimpin yang baru dalam hal ini Bupati dan wakil Bupati Nisel dimana telah memberikan dorongan bagi masyarakat dalam memunculkan solusi untuk meningkatkan hasil perekonomian para petani di kabupaten Nias Selatan.

Informasi dari humas Nisel, panen perdana tersebut turut hadir, Wabup Nisel Sozanolo Ndruru, Kabag Humas Nisel Sozisokhi Laia, Danramil Lolowau Hezaro Gulo bersama anggotanya, Camat O’ou Suka Hati Halawa, Kabit Pertanian Mutiara Duha, para Kepala Desa di Kecamatan O’ou berseta tokoh adat, tokoh agama dan sejumlah masyarakat ikut memanen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here