KIP Bangkalan Programkan Beri Piagam Pada Badan Publik Teladan

Yunus Mansur Yasin Ketua Komisi Informasi Bangkalan, Foto: Anam/SI

BANGKALAN, Selasa (1 Agustus 2017), suaraindonesia-news.com – Berbagai upaya akan dilakukan oleh Komisioner Komisi Informasi Publik (KIP) Bangkalan, Madura, Jawa Timur, untuk membumikan UU KIP ditengah masyarakat dan pemda setempat.

Khususnya saat ini menjelang perayaan HUT Kemerdekaan Negara Kesatua Republik Indonesia (NKRI) di Kabupaten Bangkalan, Komisi Informasi berupaya mengisinya dengan cara menerapkan salah satu konsep berupa pemberian reward pada Badan Publik (BP) yang sudah melalui uji tahapan rangking kepatuhan pada penerapan UU KIP No 14 Tahun 2008.

Salah satu program yang diterapkan pada tahun ini menurut Ketua Komisi Informasi Bangkalan, Yunus Mansur Yasin, dibagi menjadi tahapan agenda yang sasarannya merupakan keteladanan dari BP pada UU KIP ditandai dengan pemberian reward. Baca Juga: Dua Tempat Karaoke Digembok Satpol PP Pamekasan

“Pada momentum menyambut perayaan proklamasi kemerdekaan tahun ini kami akan mengisinya dengan rentetan agenda yang endingnya pada pemberian reward pada badan publik yang patuh pada UU KIP.” ucapnya.

Yunus, Pejabat yang dikenal memiliki sifat yang supel tersebut, berharap dari perealisasian program “KI Award” pada tahun ini akan mempercepat terwujudnya pemerintah yang taat pada aturan.

“Tujuan program ini juga pada pembangunan managemen mentalitas pemerintah secara umum, kami sudah meramunya sedemikian rupa agar transparansi di Bangkalan ini menjadi lebih baik, artinya mengarah pada good govermence, contohnya seperti sosialisasi UU KIP kemaren di Kemenag Bangkalan itu jangan sampai hanya bersifat seremonial saja.” Papar Yunus.

Selain hal tersebut, berkenaan dengan penyambutan momentum pilkada 2018 mendatang pihaknya juga berencana akan membuat kesepakatan dengan para kandidat Cabub-Cawabub Bangkalan berupa perjanjian komitmen untuk perealisasian UU KIP.

“Kami yakin masyarakat akan lebih antusias pada Cabub maupun Cawabub yang bersedia berkomitmen hitam diatas putih dengan Komisi Informasi (KI) untuk menerapkan UU KIP saat mereka nantinya sudah terpilih.” Tandasnya. (Anam)


Warning: A non-numeric value encountered in /home/suaraindonesia/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here