Kesra Abdya Gelar Sosialisasi dan Dialog Program Sejuta Rumah

Plt .Asisten Pemerintahan Setdakab Mussawir S,Sos M,Si   saat sambutan dalam kegiatan program sejuta rumah, berlangsung di Aula Masjid perkantoran setempat.

ACEH-ABDYA, Kamis (01/02/2018) suaraindonesia-news.com – Guna optimalimasi program sejuta rumah Pencanangan Pemerintah Republik Indonesia Ir.H.Joko Widodo, melalui kesejahteraan rakyat (kesra) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar sosialisasi dan dialog di Aula Masjid pemkab setempat.

Plt .Asisten Pemerintahan Setdakab Mussawir S,Sos M,Si  yang mewakili bupati Abdya, Akmal Ibrahim SH dalam sambutan mengatakan amanatkan dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 dan pasal 28 H Amandemen UUD 1945, bahwa rumah adalah salah satu hak dasar rakyat. Oleh karena itu, setiap warga negara berhak untuk memiliki tempat tinggal dan mendapat lingkungan hidup yang baik dan sehat.

“Kebutuhan dasar manusia, rumah juga berfungsi meningkatkan harkat, martabat, mutu kehidupan dan penghidupan,” katanya.

Selanjutnya Mussawir juga menyampaikan  rumah juga sebagai pencerminan diri pribadi dalam upaya peningkatan taraf hidup, serta pembentukan watak, karakter dan kepribadian bangsa. Namun sayangnya hak dasar rakyat tersebut pada saat ini masih belum sepenuhnya terpenuhi.

Baca Juga: BNN Manfaatkan Gerhana Bulan Untuk Sosialisasi Narkoba 

Hal tersebut terjadi antara lain karena masih kurangnya kemampuan daya beli masyarakat khususnya Masyarakat Berpenghasilan Rendah dalam memenuhi kebutuhan akan rumahnya.

Lebih lanjut Pembangunan perumahan dan permukiman jika dilakukan secara benar akan memberikan kontribusi langsung terhadap peningkatan kesejahteraan dan pengentasan kemiskinan.

Hal tersebut disebabkan karena pembangunan perumahan dapat mendorong pertumbuhan wilayah dan ekonomi daerah, mendukung pembangunan sosial budaya dan memberikan efek multiplier terhadap sektor lain seperti penciptaan lapangan kerja baik yang langsung maupun yang tidak langsung.

Oleh karena itu, pembangunan perumahan dan permukiman harus didukung oleh suatu kebijakan, strategi dan program yang komprehensif dan terpadu sehingga selain mampu memenuhi hak dasar rakyat juga akan menghasilkan suatu lingkungan perumahan dan permukiman yang sehat, serasi, harmonis, aman dan nyaman.

Dijelaskan Mussawir, Program Sejuta Rumah ini adalah bagian dari Pencanangan Presiden Republik Indonesia yang juga merupakan bentuk kepedulian Pemerintah terhadap masyarakat dalam Kabupaten Aceh Barat Daya.

“kita menyadari bahwa tidak semua orang bisa membangun rumah dan tinggal di rumah yang sehat dan bagus, penyebabnya antara lain karena penghasilan terbatas, kebutuhan yang banyak dan sebagainya,” tegasnya.

Tujuan program ini adalah untuk memberi kesempatan kepada masyarakat ekonomi menengah ke bawah untuk bisa memiliki dan hidup di rumah yang sederhana dan sehat serta menciptakan kehidupan yang sejahtera bagi masyarakat pada umumnya.

Reporter : Nazli MD
Editor : Agira
Publisher : Tolak Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here