Kepolisian Resor Bogor Kota lakukan Sterilisasi di Gereja

Bogor, Suaraindonesia-news.com – Kepolisian Resor Bogor Kota lakukan Sterilisasi di Gereja seharian menjelang perayaan Natal,dalam rangka untuk memastikan keamanan perayaan hari besar umat Nasrani di Kota Bogor.

Sebanyak 63 gereja di Kota Bogor  disisir petugas gabungan dari Polri, TNI dan pemkot setempat. Tindakan ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi untuk suasana kondusifi jelang perayaan Hari Raya Natal, yang jatuh pada 25 Desember besok.

Sterilisasi gereja ini dipimpin langsung Wali Kota Bogor, Diani Budiarto, Kapolres Bogor Kota AKBP Bahtiar Ujang Purnama,Pastur Paroki Gereja Katedral Bogor Pastur Benyamin Sudarto, Komandan Detasemen Polisi Militer Letkol Andi S Hafid beserta jajaran Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) setempat lainnya.

Dalam kesempatan ini Wali Kota Bogor Diani Budiarto menegaskan pihaknya siap menjamin rasa aman dan kondusifitas warga yang melaksanakan ibadah misa saat menjelang dan perayaan Natal.

Kegiatan ini demi menciptakan suasana yang kondusif, sehingga tidak ada yang merasa terganggu saat pelaksanaan ibadah Natal kata Diani di sela-sela proses sterilisasi sejumlah gereja di Kota Bogor, Selasa (24/12).

Diani juga menambahkan bahwa pihaknya juga telah mengumpulkan sejumlah elemen masyarakat yang berpotensi menimbulkan kontrapersepsi terhadap kehidupan beragama.Kita juga telah melakukan pertemuan rutin dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bogor untuk sama-sama menjaga keamanan saat perayaan misa Natal ini ujarnya.

 

Diani juga mengucapkan selamat merayakan Natal dan Tahun Baru untuk umat Nasrani,semoga ibadahnya lancar dan kedamaian selalu melindungi,tuturnya.

Pada kesempatan yang sama,Kapolresta Bogor AKBP Bahtiar Ujang Purnama, mengatakan pihaknya telah menyebar 1.360 personel untuk mengamankan 63 gereja yang ada di Kota Bogor.

Di setiap gereja ada kepolisian maupun TNI dan instansi lain untuk menjamin keamanan dalam kerukunan umat beragama pada saat hari besar, seperti hari raya natal ini,ungkap AKBP Bahtiar Ujang.

Secara umum keamanan menjelang natal cukup kondusif. Penyisiran dengan mengerahkan ribuan personel dan unit penjinak bom dari Polda Jabar ini sebagai langkah antisipasi terjadinya ancaman dari pihak-pihak lain yang hendak menggagalkan prosesi perayaan natal ini tuturnya.

Sementara,Pastur Paroki Gereja Katedral Bogor Pastur Benyamin Sudarto,menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pemerintahan Kota Bogor dan jajaran kepolisian.

” Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Kota Bogor dan Polresta Bogor yang siap membantu pengamanan saat misa nanti sehingga kami dapat beribadah dengan penuh kedamaian dan cinta kasih,” tuturnya.

Reporter : Iran G Hasibuan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here