Kepala Bappeda Kabupaten Nias Hadiri Musrenbang Kecamatan Hiliduho

Kepala Bappeda Kabupaten Nias saat hadiri Musrenbang Kecamatan Hiliduho

NIAS, Sabtu (17/2/2018) suaraindonesia-news.com – Mewakili Bupati Nias Kepala Bappeda Edwin Fanolo Hulu, ST., MT hadiri musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kecamatan Hiliduho Kabupaten Nias Sumatera Utara Tahun 2018 yang dilaksanakan di Ruang Pertemuan Kecamatan.

Kasi PMD Kecamatan Hiliduho, Yareli Laoli dalam laporannya mengatakan bahwa pelaksanaan Musrenbang tingkat Kecamatan Hiliduho, merupakan forum musyawarah bagi para pemangku kepentingan untuk mendapatkan masukan terkait perencanaan pembangunan pada TA 2019 yang dijadikan sebagai skala prioritas.

Selanjutnya, anggota DPRD Kabupaten Nias asal kecamatan Hiliduho, Notarius Mendrofa dalam sambutannya mengharapkan agar Musrenbang yang dilakasanakan tidak hanya sebatas perencanaan, namun diharapkan agar benar-benar direalisasikan oleh pemerintah sebagaimana harapan seluruh masyarakat khususnya di Kecamatan Hiliduho.

Notarius lebih lanjut, terkait beberapa usulan pada tahun sebelumnya yang telah masuk ke dalam kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) yang lahir dari musyawarah perencanaan pembangunan dan disususn berdasarkan Rencana Kerja Prioritas Daerah (RKPD), namun pada kenyataannya mengalami kegagalan.

Politisi PKPI ini mencontohkan beberapa nomenklatur pembangunan TA 2018, yang diharapkan dapat terlaksana, seperti jembatan dan pagar sekolah, termasuk pemasangan KWH meter pada Kantor UPT Disdik Kecamatan Hiliduho, yang menurutnya hingga saat ini juga masih belum terlaksana.

Edwin Fanolo Hulu mewakili Bupati Nias, pada arahannya saat membuka secara resmi pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Hiliduho mengatakan bahwa Musrenbang ini merupakan puncak dari mekanisme perencanaan pembangunan daerah ditingkat kecamatan yang sebelumnya telah dilaksanakan di masing-masing desa.

Dari beberapa isu tersebut, dikatakannya bahwa secara umum kendala klasik yang sering dijumpai dalam penetapan prioritas program pembangunan yaitu, tajamnya perbedaan antara anggaran yang tersedia dengan cakupan ruang lingkup kebutuhan pembanguanan. Namun dengan terbitnya UU No. 6 Tahun 2014 tentang desa serta peraturan Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal RI No. 19 Tahun 2017 tentang Penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2018.

Baca Juga: Lagi-lagi Dua Pasangan Mesum Diamankan Satpol PP 

“Dengan terbitnya Undang-Undang dan Permen di atas, maka kendala yang selama ini sering terjadi terkait pendanaan pembangunan, sedikit telah dapat terjawab dan tertangani dengan menyebarkan kewenangan lokasi berskala desa melalui APBdesa,” imbuh Kepala Bappeda.

Diakhir penyampaiaanya Bupati Nias melalui Kepala Bappeda berharap agar menghasilkan daftar prioritas pembangunan di wilayah Kecamatan Hiliduho yang akan didanai dari APBD Kabupaten Nias maupun sumber pendanaan lainnya, serta daftar prioritas pembangunan yang dibiayai dari APBdesa.

Pada acara yang sama, saat awak media ini mengkonfirmasi terkait penyampaian anggota DPRD Kabupaten Nias perihal rencana pembangunan yang telah masuk dalam KUA-PPAS, Ia menjelaskan, pada tahun ini kembali direncanakan untuk memastikan kesinambungan, kemudian untuk wilayah-wilayah terisolir dipastikan sumua usulan tersebut sesuai dengan ketentuan dan kebijakan dari pusat sampai ke daerah.

Terkait kesinambungan penyelesaian dokumen, maka tema tersebut menjadi hal yang dipertimbangkan untuk pelaksanaan perencanaan tahun 2019.

“Nantinya penyusunan APBD dipastikan menggunakan metode E-planing dan kita berharap sistem nantinya akan menentukan mana yang menjadi prioritas untuk masing-masing wilayah,” jelas Edwin mengakhiri.

Seiring harapan masyarakat, Camat Hiliduho Taondasi Mendrofa S.Sos., M. Ec.Dev berharap, skala prioritas pembangunan diharapkan dapat membuka akses menuju desa-desa yang masih terisolir, serta pemeliharaan ruas jalan utama dan penanggulangan infrastruktur yang sudah mengalami kerusakan untuk mencapai pemeratan sarana prasarana pendidikan, kesehatan dan penumbuhan ekonomi msyarakat.

Pada acara tersebut, turut hadir anggota DPRD Kabupaten Nias, Kepala Koperasi dan Ketenagakerjaan Kabupaten Nias, Kepala Dinas Perhubungan, beberapa kepala SKPD lainnya, unsur Forkompim Kecamatan Hiliduho, para delegasi Desa, para tokoh, serta para hadirin dan undangan lainnya.

Reporter : Marinus
Editor : Agira
Publisher : Tolak Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here