Kemenpar, Yakin Gerakan Sapta Pesona Akan Meningkatkan Jumlah Wisatawan di Kota Batu

Sri Rahayu Budiarti Staf Kemenpar

KOTA BATU, Kamis (12/10/2017) suaraindonesia-news.com – Kementrian Pariwisata (kemenpar) meyakini aksi sadar wisata melalui gerakan Sapta Pesona Wisata yang dilakukan oleh sejumlah elemen pelaku wisata di kota Batu akan mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di kota Batu.

Pejabat Fungsional Bidang Tata Kelola dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenpar RI, Sri Rahayu Budiarti saat ditemui disela-sela acara Grakan sadar Wisata dan aksi Sapta Pesona yang berlangsung di coban Rais Oro-oro Ombo Kota Batu, Kamis (12/10/2017) menjelaskan bahwa jumlah kunjungan wisatawan di kota Batu akan terus meningkat dan diminati masyarakat bila para pelaku usaha wisaata ini memiliki nilai-nilai yang terkandung dalam program sadar wisata dan sapta pesona dalam kehidupan sehari-hari.

“Pelaku usaha dan industry wisata bisa memberi rasa aman kepada para wisatawan dan memiliki kenangan setelah berkunjung ke tempat tersebut. Kalau berkunjung ke Kota Batu Nyaman dan aman,” Jelas Sri Rahayu.

Menurutnya, meski para wisatawan merasa aman dan nyaman tetapi perlu dukungan semua pihak termasuk pelaku wisata dan masyarakat sekitarnya dan juga pemerintah dalam hal ini pemkot Batu harus mendukungnya.

Ia melihat kota Batu ini memiliki keunikan tersendiri, selain udaranya sejuk, bersih dan masih alami, hal ini perlu dilestarikan. Desa wisata sebagai daya tarik wisata baru, harus memberi rasa aman bagi para wisatawan.

‎”Untuk itu, kota Batu sebagai destinasi wisata yang diperhitungkan di Jawa Timur perlu terus membangun mental masyarakat wisata melalui gerakan sadar wisata dengan mewujudkan Sapta Pesona Wisata,” Jelasnya.

Dengan Sapta Pesona ini, masyarakat diharapkan menciptakan suasana indah mempesona dimana saja dan kapan saja, khususnya ditempat-tempat yang banyak dikunjungi wisatawan dan pada waktu melayani wisatawan.

“Kami yakin dengan kondisi dan suasana yang menarik, nyaman dan tertib, wisatawan akan betah tinggal lebih lama di kota Batu, merasa puas atas kunjungannya dan memberikan kenangan yang indah dalam hidupnya,” kata dia sambil berapi-api.

Sri Rahayu juga mengatakan Gerakan Sapta Pesona Wisata harus terus dikampanyekan kepada seluruh warga masyarakat, Jika masyarakatnya ramah dan tertib menyambut wisatawan, maka akan banyak wisatawan yang datang di kemudian hari. Dampaknya Tidak hanya berlaku pelaku wisata saja tetapi berdampak pada seluruh masyarakat. (Adi Wiyono)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here