Kemendikbud Adakan Program Keahlihan Ganda PPPPTK BOE Malang Ikut Berperan Aktif

Reporter: Sovan

Malang, Jumat (2/12/2016) Suaraindonesia-news.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan penataan dan pemenuhan guru produktif di SMK untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan vokasi serta pendidikan dan pelatihan keterampilan kerja. Melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK), Kemendikbud mengambil langkah strategis pada tahun 2016, yaitu dengan merancang Program Keahlian Ganda, yang sebelumnya dikenal dengan Program Alih Fungsi Guru.

Hal tersebut diatas juga  dibenarkan oleh Dr Ir H Abd Rochim MM, kamis (01/12/2026) saat ditemui SI dikantor kerjanya, menjelaskan,terkait program sertifkasi ganda itu memang program dari Kemendikbud.

“Saat ini kita memerlukan sekitar 91-ribu guru SMK untuk bidang-bidang yang menjadi prioritas, yaitu maritim atau kelautan, pertanian dan ketahanan pangan, pariwisata, industri kreatif, serta teknologi dan rekayasa,” ujar Dr alumni Universitas Brawijaya Malang yang juga menjadi narasumber dalam pembekalan baru baru  ini di Hotel The Balava Kota Malang pada tahap I (18s/d 21/2016) dengan peserta199 orang, adapun tahap kedua sampai ke empat berlansung ditempat berbeda,tahap pembekalan kedua bertempat di lingkup P4TK BOE Malang tanggal (21/24)dengan jumlah peserta200 orang, tahap krtiga di Hotel The Balava pada tanggal (l24 s/d 27/2016) pembekalan IPS jumlah peserta195 orang.

selanjutnya Tahap ke empat berlangsung diHotel SAVANA Kota Malang tgl 27s/d 30/2016 pembekalan Mat dan IPA .

Karena itu dalam jangka waktu pendek, yaitu langkah strategis untuk tahun 2016 hingga 2017 Kemendikbud menempuh cara kedua melalui Program Keahlian Ganda.

Dalam Program Keahlian Ganda, seorang guru SMA/SMK bisa memiliki dua sertifikasi, yaitu Sertifikasi Pendidik dan Sertifikasi Keahlian. Dengan begitu, guru SMA/SMK yang telah memiliki sertifikasi keahlian diharapkan dapat memenuhi kekurangan guru produktif di SMK.

“Tahun ini kita akan mulai program sertifikat ganda kepada 15.000 guru adaptif, yaitu guru-guru yang saat ini mengajar mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, IPS, dan Bahasa Inggris,” kata Pranata sumber dari Dirjend Kemendikbub.

Ia mengatakan, pendaftaran untuk Program Keahlian Ganda tersebut sudah dibuka sejak dua bulan lalu dengan sistem dalam jaringan (daring) atau online. Pendaftarannya dilakukan secara terbuka untuk semua guru SMA maupun SMK yang termasuk guru adaptif. Hingga 30 Oktober lalu terhitung jumlah pendaftar mencapai 16.000 orang, dan akan diseleksi hingga hasil akhir 15.000 orang untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan Program Keahlian Ganda.

Pranata menjelaskan, Program Keahlian Ganda untuk mendapatkan sertifikat keahlian sebagai guru produktif akan berlangsung selama 12 bulan melalui empat tahap dengan tahap ON dan IN.

“Untuk tahap ON itu, peserta belajar mandiri di sekolah ssalnya, dan diberikan modul dan pendampingan. Sedangkan untuk tahap IN ada di industri dan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK),” katanya.

Pada akhir pelatihan, jika lulus ujian, guru yang menjadi peserta Program Keahlian Ganda bisa mendapatkan sertifikat ganda, yaitu sertifikat keahlian dan sertifikat pendidik. Sertifikasi keahlian akan dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP), sedangkan sertifikasi pendidik diterima setelah lulus Program Sertifikasi Guru melalui pola Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) di Lembaga Pendidikan Tenaga

Dr Ir H Abd Rochim Kasubag program P4TK membenarkan adanya pelatihan sertifikasi ganda untuk guru SMA/SMK.

“Adapun dalam pembekalan tersebut skala prooritas untk menjadikan guru punya kemampuan ganda yang produktif,”tutur Dr alumni Universitas Brawijaya.

ditambahkan oleh Kapus Dr Sumarno selaku direktur VEDC P4TK BOE MALANG beberapa waktu silam saat ditemui dikantornya mengatakan.

“kami berusaha mencetak tenaga guru yang terampil dan profesional dalam menghadapi globalisasi,”paparnya.

1 KOMENTAR

  1. Menurut hemat kami, butuh waktu lama untuk menjadikan seseorang menjadi profesional pada bidang tertentu,untuk itu bila kami boleh menyampaikan saran, kami sarankan waktu diklat keahlian ganda bagi guru dipertimbangkan apakah dalam kurun waktu satu tahun mampu menjadikan seseorang profesional. Trims

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here