Kedatangan Jemaah Haji Ciamis, Disambut Isak Tangis Keluarga

CIAMIS, Rabu (12/9/2018) suara indonesia-news.com – Kepulangan jemaah haji asal Ciamis dari tanah suci disambut isak tangis sanak kelaurga. Mereka bersyukur keluarganya bisa kembali dengan selamat usai melaksanakan ibadah haji.

Setiap jemaah haji yang turun dari Bus jemputan, langsung disambut teriakan anggota keluarga yang telah menunggu. Mereka langsung saling berpelukan sambil menangis sebagai ungkapan bahagia.

Ini merupakan kloter 49 yang terakhir dari 3 kloter kepulangan di Ciamis. Lukman, salah seorang penjemput mengaku terharu dan bersyukur karena kedua orang tuanya bisa kembali ke tanah air dengan selamat.

“Saya menunggu sekitar satu jam lebih, sekarang sudah datang dan bisa bertemu kembali, alhamdulillah, bersyukur pulang dengan selamat,” ungkapnya saat ditemui di Islamic Center Ciamis, Rabu (12/9/2018).

Dari jumlah total 1.110 jemaah haji Ciamis dengan 3 kloter keberangkatan, dua di antaranya tidak kembali ke tanah air. Seorang jemaah wafat atas nama Mimi, warga Sukamantri dan Joni warga Banjarsari yang sebelumnya dirawat di rumah sakit Mekah karena penyakit diabetes.

“Jadi seorang yang wafat itu dari kloter 49, dan yang masih belum pulang dirawat di rumah sakit Mekah dari kloter 34. Yang sakit itu menjadi tanggungan negara, sekarang belum memungkinkan untuk dipulangkan,” ujar Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ciamis Agus Abdul Kholik.

Menurut Agus, jemaah haji yang wafat di tanah suci tahun ini lebih sedikit dibanding tahun sebelumnya. Meski itu sudah merupakan takdir, namun dari upaya yang dilakukan oleh pihak Kemenaga Ciamis telah maksimal, dalam melakukan antisipasi dan deteksi dini terhadap para jemaah haji yang berpotensi mengalami sakit.

“Alhamdulillah kita sudah berupaya maksimal dalam memberikan pelayanan kepada para jemaah haji,” Pungkas Agus kepada wartawan.

Reporter : Mahendra
Editor : Amin
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here