Ke-4 Paket Cagub dan Cawagub NTT Dinyatakan Sehat Oleh KPUD NTT

Ketua KPUD NTT, Maryanti Luturmas Adoe Saat menyerahkan Dokumen Kepada Emi Nomleni (Cawagub NTT) rabu, (17/01)

KUPANG-NTT, Rabu (17/01/2018) suaraindonesia-news.com Tiga instansi yang memeriksa kesehatan para bakal calon, yakni IDI, BNN dan HIMSI NTT, telah menuntaskan tugas mereka, Rabu (17/01/2018) Keempat Pasangan Calon Kepala Daerah Gubernur dan Wakil Gubernur NTT yang akan berkompetisi dalam momen Pilgub NTT kali ini telah dinyatakan Lolos secara Administratif dan Sehat Jasmani dan rohani dalam Rapat Pleno Terbuka KPUD NTT rabu (17/01) pagi Pukul 10.00 Wita.

Kepastian para balon gubernur-wakil gubernur itu sehat dibacakan Ketua Divisi Teknis KPU NTT, Thomas Dohu, pada Rapat Pleno Terbuka Penyampaian Hasil Penelitian Syarat Dokumen Pencalonan dan Syarat Calon serta Penyampaian Hasil Pemeriksaan Kesehatan Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTT 2018 di Aula KPU NTT, Rabu (17/01) pagi.

Rapat pleno yang dipimpin Ketua KPU NTT, Maryanti Luturmas Adoe itu dihadiri tiga komisioner KPU NTT, yakni Gasim, Theresia Siti dan Thomas Dohu didampingi Sekretaris KPU NTT, Ubaldus Gogi. Hadir pimpinan dan utusan parpol pengusung, bakal calon gubernur, Ir. Esthon L. Foenay dan bakal calon wagub Emelia J Nomleni, utusan dari Bawaslu NTT serta puluhan wartawan.

“Untuk teman-teman media yang penasaran, semua sudah terjawab sekarang,” kata Ketua KPU NTT, Maryanti Luturmas Adoe.

Pemeriksaan kesehatan bakal calon itu terfokus pada tiga item, yakni kesehatan fisik oleh tim dokter dari RSUD Profesor WZ Johannes Kupang, bebas narkotika oleh BNN NTT dan kesehatan rohani (psikologi) oleh HIMSI (Himpunan Psikologi Indonesia) NTT.

Selain penyampaian hasil pemeriksaan kesehatan, Thomas Dohu juga membacakan hasil penelitian dokumen syarat pencalonan dan syarat calon yang sudah dimasukkan bakal calon dan partai pengusung.

Umumnya berkas dokumen syarat pencalonan dari partai dan syarat calon lengkap. Hanya beberapa kelengkapan teknis seperti meterai, dokumen asli beberapa surat belum dimasukkan. Terhadap kekurangan teknis ini, KPU NTT merekomendasikan untuk segera dilengkapi.

Beberapa kekurangan yang disebut KPU NTT seperti surat pengunduran diri dari BUMD (Badan Usaha Milik Daerah), surat izin cuti untuk bakal calon yang masih menjabat kepala daerah/wakil kepala daerah.

Ketua KPU NTT, Maryanti Luturmas Adoe, mengatakan bahwa seluruh dokumen yang belum dilengkap akan dikembalikan untuk dilengkapi dan akan diberikan waktu perbaikan dari tanggal 18-20 Januari 2018.

“Kami memberikan waktu perbaikan dokumen syarat pencalonan dan syarat calon yang belum lengkap saat pendaftaran yakni dari tanggal 18-20 Januari. Setelah itu kami akan verifikasi kembali oleh tim verifikator,” Ujar Maryanti.

Reporter : Yoko
Editor : Amin
Publisher : Tolak Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here