Kasal Berikan Tali Asih Pada Veteran Dalam Rangka Hari Dharma Samudera 2016

Kasal berikan tali asih

Reporter : Adhi

Surabaya, Suara Indonesia-News.Com – Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P menjadi Inspektur Upacara pada peringatan Hari Dharma Samudera Tahun 2016 dan melakukan tabur bunga di atas geladak KRI dr. Soeharso-990, Jumat (15/1).

Peringatan yang diperingati secara sederhana namum khidmat tersebut dihadiri Pejabat Utama Mabesal, Para Pangkotama TNI AL Wilayah Timur,  Komandan Pangkala Utama TNI AL V (Danlantamal V) Brigjen TNI (Mar) Rudy Andi Hamzah serta pejabat militer dan sipil lainnya.

Upacara tabur bunga diatas Kri dr. Soeharso yang berlayar di APBS tersebut, dipimpin komandan upacara Kolonel Laut (P) Isswanto (Komandan KRI Abdul Halim Perdana Kusuma-355) dengan pasukan upacara 1 SSK perwira, 1 SSK Taruna AAL, 1 SSK Kowal, 1 SST Pomal, 1 SSK bintara dan Tamtama, 1 SSK Marinir,1 SSK PNS,  1 SSK SMK Kal dan 1 SSK SMK Tehnik PAL.

Menurut Kasal, peringatan ini dimaksudkan untuk mengenang peristiwa pertempuran yang terjadi di laut Aru pada proses pembebasan Irian Barat tahun 1962 dan menenggelamkan RI Matjan Tutul.

TNI Angkatan laut secara rutin memperingati kegiatan tersebut setiap tanggal 15 Januari bertujuan untuk mengenang jasa dan pengorbanan para pahlawan yang gugur dalam berbagai pertempuran di laut seperti pertempuran di selat Bali, laut Sapudi, teluk Sibolga, Cirebon dan pertempuran laut Aru.

Sebagai generasi penerus bangsa dan sebagai prajurit matra laut pengawal samudera lanjut Kasal, sikap ksatria dan suri tauladan yang ditunjukkan oleh pendahulu kita, harus kita warisi dengan sepenuh hati.

Segenap awak RI Matjan Tutul dengan dilandasi semangat pengabdian yang tulus ikhlas, pantang menyerah dan rela berkorban demi menjaga harkat dan martabat bangsa telah menunjukkansikap ksatria yang tercermin dari masih terjaganya disiplin, heirarki dan kehormatan militer meskipun dalam kondisi kritis sekalipun.

Orang nomor satu di jajaran TNI Al ini berharap, melalui upacara peringatan ini kita semua berjanji bahwa penghormatan dan peringatan atas jasa juga pengorbanan para pahlawan samudera akan terus dijaga dan pelihara.

Momen peringatan hari Dharma Samudera saat ini harus kita jadikan tonggak untuk membangkitkan tekad semngat agar tetap tegar dan pantang menyerah dalam menjlankan tugas negara, sekaligus memantapkan nilai-nilai Disiplin, Heirarki dan Kehormatan Militer yang menjadi identitars diri bagi segenap prajurit matra laut, Selanjutnya kita kenal sebagai Tri Sila TNI Angkatan Laut.

Pada peringatan Hari Dharma Samudera tahun 2016 kali ini juga diberikan tali asih kepada para pelaku sejarah dan ahli warisnya serta penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba melukis, lomba foto dan lomba monografi atau karya tulis ilmiah bertema kemaritiman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here