Karena Dilarang, BKP Akan Menyita Dan Musnakan Hewan Ungas Yang Masuk Di Malut

Hewan Unggas

Reporter : Ipul

TERNATE MALUT,  Minggu (12/3/2017) suaraindonesia.com – Provinsi Maluku Utara hingga kini dilarang memasukan hewan unggas dewasa, karena sampai saat ini Maluku Utara hingga kini masih menjadi satu-satunya Provinsi di Indonesia yang bebas penyakit flu burung atau Avian Influensa.

Meskipun telah dilakukan pelarangan, namun sampai saat ini masih saja terus terjadi masyarakat membawa dan memasukan hewan unggas dewasa seperti ayam maupun burung ke Maluku Utara.

Pemasukan hewan unggas dewasa tersebut terjadi saat kapal dari Bitung dan Manado Sulawesi Utara masuk ke Ternate dan jika petugas Balai Karantina Pertanian Kelas II Ternate menemukan langsung dilakukan menahan bahkan disita dan dimusnahkan, seperti menahan dan memusnahkan 12 ekor ayam dewasa.

Kepala Seksi Karantina Hewan Balai Karantina Pertanian (BKP) Kelas II Ternate drh. Setyawan Pramularsi kepada awak media mengatakan, 12 ekor ayam atau unggas dewasa yang ditahan petugas karantina tersebut, 6 ekor ditahan di Pelabuhan Laut Ahmad Yani Ternate dibawa dari Manado dengan menggunakan KM. Geofani dan 6 ekor lainnya ditahan di Pelabuhan Penyeberangan Ferry Bastiong Ternate dibawa dari Bitung.

Setelah di tahan oleh petugas menolak 12 ekor ayam tersebut masuk ke Ternate dan meminta kepada pemilik untuk dikembalikan ke daerah asal. Namun demikian pemilik tidak mau akhirnya ayam tersebut dimusnahkan oleh pihak Balai Karantina Pertanian Kelas II Ternate.

”Petugas Karantina sudah minta kepada pemilik hewan ungags dewasa tersebut untuk mengembalikan ke daerah asal, namun mereka tidak mau dengan alasan ayam tersebut dipesan atau dibeli melalui an line,” Ungkap drh. Setyawan Pramularsi, Minggu (12/03).

Dari 12 ekor ayam tersebut kata drh. Setyawan Pramularsih, pemiliknya ada 4 orang yang terdiri dari 6 ekor ayam aduan dan sisanya 6 ekor ayam kampung yang dibeli atau dipesan melalui on line.

Karena pemilik hewan tersebut tidak mau mengembalikan ke daerah asal, petugas Balai Karantina Pertanian (BKP) kelas II Ternate langsung melakukan penyitaan dan memusnahkan di insenerator instalasi karantina di Sasa Ternate.

Sejak Bulan Januari hingga awal Maret 2017 Balai Karantina Pertanian (BKP) Kelas II Ternate telah memusnahkan 47 ekor ayam yang masuk ke Ternate yang disita petugas Karantina.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here