Kapolres Bojonegoro : Perbaiki Pelayanan Untuk Meningkatkan Trust Building

Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu S. Bintoro saat apel di Mako Sat Lantas Polres Bojonegoro

Reporter : Mustain

Bojonegoro, Rabu 21/9/2016 (suaraindonesia-news.com) – Guna memacu kepercayaan kepada masyarakat (trust building), dimana Sat Lantas merupakan etalase pelayanan di Kepolisian. Maka pagi tadi, Rabu (21/9) sekira pukul 08.00 wib, Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu S. Bintoro mengambil apel di Mako Sat Lantas Polres Bojonegoro Jl. Imam Bonjol no. 18 Kota Bojonegoro.

Kedatangan Kapolres Bojonegoro ke Mako Sat Lantas, guna mengambil apel dan juga memberikan arahan-arahan kebijakan Kapolres guna meningkatkan pelayanan Kepolisian kepada masyarakat, khususnya pelayanan-pelayanan di bidang Lalu Lintas. Untuk itu kata kapolres suoaya mendapat kepercayaan publik maka kita harus melakukan reformasi kultural, perbaikan layanan publik, peningkatan profesionalisme dalam penegakan hukum, peningkatan stabilitas keamanan serta manajemen media.

“Agar mendapatkan kepercayaan publik, maka kita harus melakukan reformasi kultural atau budaya. Budaya yang dimaksud disini adalah budaya yang dapat menurunkan citra Kepolisian di mata masyarakat diantaranya menekan budaya koruptif dan menjadi sosok polisi yang humanis”. Tegas Kapolres.

Menurut Wahyu S. Bintoro, Reformasi kultural yang dimaksud adalah jangan ada lagi pungli, pemerasan dan tindakan-tindakan negartif lain yang dapat menutunkan citra polisi. Sedangkan yang dimaksud polisi yang humas menurut Kapolres adalah polisi yang selalu mengedepankan senyum, sapa dan salam saat melakukan pelayanan, harus nyalakan lampu rotator saat patroli serta penempatan anggota di titik rawan macet.

“Perbaikan pelayanan publik yang saat ini sudah dilakukan Polres Bojonegoro adalah berdayakan CAS, rehab kantor satpas yang menurut saya sudah bagus diantaranya sudah ada ruang tunggu, tempat charge HP serta wifi gratis harus dipertahankan”, terangnya.

Ia menjelaskan, Peningkatan profesionalimse dalam penegakan hukum diantaranya, tidak ada lagi masyarakat pada saat akan mengambil BB motor maupun mobil sehabis laka lantas dimintai uang atau ada tarif harga tertentu. Upayakan one day service cepat dalam proses sidik laka lantas. Dalam peningkatan stabilitas keamanan diperlukan komunikasi yang baik dengan masyarakat.

“Sedangkan untuk Manajemen media, kita jadikan media sebagai mitra kita dalam bekerja, mereka akan membantu kita dalm meliput anggota-anggota kita yang mempunyai dedikasi yang tinggi dan disiplin serta ikhlas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Berikan reward bagi anggota yang berprestasi dalam melaksanakan tugas”, tutup Kapolres saat mengakhiri arahanya dalam apel pagi tersebut.

Setelah mengambil apel, Kapolres menghampiri masyarakat yang sedang duduk menunggu giliran ujian praktek pembuatan sim dan bercengkerama dengan masyarakat tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here