Kapolres Blora Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila ke-73

Kapolres Blora Saat Menjadi Inspektur Upacara Memperingati Hari Lahirnya Pancasila, Jumat (01/06/2018).

BLora, Jumat (01/06/2018) suaraindonesia-news.com – Kapolres Blora AKBP Saptono meminpin upacara Peringatan hari lahir Pancasila ke-73, Jumat (01/06).

Upacara ini diikuti Pejabat Utama dan seluruh Perwira serta segenap Personil Polri dan ASN Polres Blora. Kapolres Blora selaku Inspektur Upacara membacakan Sambutan Presiden RI Joko Widodo.

Peringatan hari lahir Pancasila ke-73 ini, Presiden melalui Kapolres Blora menyampaikan beberapa hal antara lain; Bahwa Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan pancasila tanggal 1 juni 1945 yang dipidatokan Ir. Soekarno, Piagam Jakarta dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945.

Pancasila adalah jiwa besar para founding fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok nusantara sehingga bisa membangun kesepakatan dan mempersatukan bangsa.
Kodrat bangsa Indonesia dengan keberagamannya telah menjadi kekuatan bangsa, itulah ke-bhineka tunggal ika-an kita, namun saat ini bangsa kita sedang mengalami ujian dan tantangan dengan munculnya sikap intoleran yang mengusung ideologi selain Pancasila.

“Perlu diketahui Pancasila sejak lahir dulu sudah digempur dengan berbagai ideologi lain yang ingin menggantikannya. Namun Pancasila tetap kokoh sampai saat ini dan akan kita pertahankan selamanya,” jelas AKBP Saptono.

Untuk itu kata Kapolres, perlu peran aktif semua elemen bangsa maupun masyarakat untuk menjaga Pancasila, tingkatkan pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Tidak ada pilihan lain kecuali kita harus bahu membahu menggapai cita-cita bangsa, menyatukan hati, pikiran dan tenaga untuk persatuan dan persaudaraan serta kembali ke jatidiri sebagai bangsa yang santun, berjiwa gotong royong dan toleran,” terangnya. Membacakan pesan Presiden.

Selain itu kata Kapolres, kita juga harus waspada terhadap segala bentuk pemahaman dan gerakan yang tidak sejalan dengan Pancasila, terhadap semua ancaman ini tentunya Pemerintah akan bertindak tegas.

“Sekali lagi diingatkan mari jaga perdamaian, persatuan dan persaudaraan diantara kita dengan saling bersikap santun, menghormati, toleran dan saling membantu untuk kepentingan dan kemajuan bangsa Indonesia,” terangnya membacakan pesan Presiden.

Terakhir kata Kapolres, Presiden menyampaikan Selamat Hari Lahir Pancasila, Kita Indonesia, Kita Pancasila, Bersatu, Berbagi dan Berprestasi.

Reporter : Lukman
Editor : Amin
Publiser : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here