Kades Hilialawa: DD dan ADD Dukung Kemajuan Ekonomi Masyarakat Lebik Baik dan Aset Desa Bertambah

Foto saat dilapangan pembangun pengerasan jalan

NIAS, Sabtu (7/10/2017) suaraindonesia-news.com – Hampir diseluruh masyarakat perdesaan di Indonesia sudah merasakan perkembangan ekonomi dengan adanya kucuran Dana Desa 3 tahun terakhir ini.

Hal ini juga dialami Desa Hilialawa, Kecamatan Bawolato, Kabupaten Nias, Sumatera Utara dampak adanya kucuran DD dan ADD membuat hampir semua akses jalan di Desa Hilialawa yang di bangun sehingga masyarakat dapat menggunakan fasilitas jalan menuju ke daerah lahan pertanian dan hasil taninya dapat langsung bisa di jual ke pasar dengan harga jual sesuai harga pasar hal inilah yang membuat ekonomi masyarakat bisa meningkat.

Kepada awak media suaraindonesia-news.com saat di temui di rumahnya, Kepala Desa Hilialawa, Tasinasokhi Lase mengatakan bahwa berkat kucuran Dana Desa dan Alokasi Dana Desa bisa membuat ekonomi masyarakatnya meningkat dan fasilitas desa pun bertambah.

Baca Juga: Ada Gangguan Padam, Pasang Meter Listrik Baru atau Naik Daya Hubungi Contact Center 123

“Saat ini jalan menuju lahan pertanian sudah bisa di lewati kendaraan maka dari itu otomatis nilai jual hasil tani masyarakat sesuai dengan harga pasar ini artinya harga sekarang naik setelah hasil taninya bisa langsung di bawa Ke pasar dengan menggunakan kendaraan roda 4 atau roda 2,” jelas Kades.

Lanjutnya, selain peningkatan ekonomi masyarakat, melalui kucuran ADD dan DD juga aset Desa bertambah.

“Di Desa Hilialawa saat ini mempunyai 1 Pos KesDes, 3 Gedung Gereja, 1 Unit Gedung SD,Jalan tanah 4 KM, Jalan Rabat Beton 606 Meter, Jalan yang sudah pengerasan 2 KM, Lapangan bulutangkis 1 buah dan akan dibangun WC sebanyak 65 Unit,” ungkap Kades.

Tak jauh dari lokasi rumah Kades, Kepala Dusun III, Atosokhi Telaumbanua mengatakan jika kepala Desanya adalah sosok pemimpin yang harus di pertahankan untuk menjadi kades di Desa ini.

“Kalau saya menilai kinerja kepemimpinan Kades, Tasinasokhi Lase positif untuk pembangun Desa, untuk kita secara pribadi saya mendukungnya agar tetap mencalonkan diri lagi di tahun depan sebagian kades,” harap kadus III itu.

Dari informasi yang dihimpun awak media ini dilapangan jumlah penduduk Desa Hilialawa berjumlah 657 orang, terdiri dari tiga dusun, yaitu, Dusun I berjumlah 258 orang, Dusun II berjumlah 197 orang sedangkan Dusun III berjumlah 202 orang. (T2g)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here