Kabupaten Nias Utara Terima Penghargaan Universal Health Coverage JKN-KIS Award

Bupati Nias Utara Saat Menerima Penghargaan Universal Health Coverage JKN-KIS Award Dari Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Cahyo Kumolo.

GUNUNGSITOLI, Jumat (25/05/2018) suaraindonesia-news.com – Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Cahyo Kumolo didampingi Direktur Utama BPJS Kesehatan Fahcmi Idris, memberikan apresiasi kepada 4 Provinsi dan 120 Kabupaten/Kota yang telah mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sebagai Program Strategis Nasional dalam mewujudkan Universal Health Coverage di wilayahnya lebih awal sebelum tahun 2019.

Penyerahan penghargaan Universal Health Coverage JKN-KIS 2018 oleh Menteri Dalam Negeri kepada Gubernur, Bupati dan Walikota ini dilaksanakan di Istana Negara yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, Rabu (23/05).

Kabupaten Nias Utara merupakan salah satu dari 120 Kabupaten yang menerima penghargaan. Kepada awak media ini Kepala BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli Harry Nurdiansyah menyampaikan, Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi kepada pemerintah daerah yang telah menjalankan dan mencapai Universal Health Coverage lebih awal dibandingkan dengan target yang telah ditetapkan yaitu Tahun 2019.

Dengan harapan Penghargaan ini dapat menularkan semangat menuju cakupan kesehatan semesta untuk negeri tercinta ini kepada Pemerintah Daerah lainnya untuk bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dan senantiasa menjaga keberlangsungan kepesertaan Program JKN-KIS serta mendukung terciptanya masyarakat Indonesia yang madani dan berkeadilan sosial.

“Disamping itu, upaya ini merupakan wujud sikap gotong royong yang harus kita pupuk dan pertahankan karena merupakan falsafah kehidupan berbangsa Indonesia,” tutur orang nomor satu BPJS Kesehatan Pulau Nias itu.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli sangat mengapresiasi kinerja dari Pemerintah Kabupaten Nias Utara yang telah mencapai Universal Health Coverage.

“Saya pribadi berharap dengan adanya penghargaan ini, dapat menularkan semangat yang tinggi kepada kabupaten/kota lainnya yang ada diwilayah Kepualaun Nias. Kami berharap bahwa seluruh masyarakat yang berada di wilayah Kepulauan Nias dapat tercover dengan adanya program JKN-KIS. Harapan ini semata-mata bukan karena kami sebagai badan penyelenggara saja, tetapi kami mengharapkan seluruh masyarakat yang berada di wilayah NKRI khususnya di Kepulauan Nias yang menjadi area kerja kami dapat terlindungi dan dapat menciptakan rasa aman bagi seluruh lapisan masyarakat yang ada dikepulauan Nias, karena mereka telah tercover oleh Jaminan Kesehatan,” terangnya.

Tentunya, hal ini juga akan berdampak signifikan terhadap peningkatan taraf hidup masyarakat, sehingga diyakini peran pemerintah daerah sangat dibutuhkan dalam program JKN-KIS.

Harry menjelaskan bahwa sampai bulan Mei 2018 ini kabupaten Nias telah menandatangani komitmen Universal Health Coverage (UHC).

“Kami sangat mengapresiasi komitmen Kabupten Nias dalam mencapai Universal Health Coverage (UHC), dan berharap segala yang telah disepakati dalam komitmen ini dapat berjalan sesuai dengan harapan bersama. Semoga kabupaten/kota lainnya dapat segera mengambil sikap untuk melangsungkan penandatangan komitmen Universal Health Coverage dan mewujudkannya di Tahun 2019. Sekali lagi kami mengucapkan selamat kepada Kabupaten Nias Utara yang mendapat penghargaan Universal Health Coverage JKN-KIS Award,” tutup Harry.

Reporter : Topan
Editor : Agira
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here