Kabupapen Ciamis Gelar Pesta Patok Atau Festival Ternak

Pesta Patok Atau Festival Ternak Ciamis Tahun 2018.

CIAMIS, Kamis (09/08/2018) suaraindonesia-news.com – Peternakan dan perikanan di Kabupaten Ciamis memiliki peran yang strategis dalam rangka pengembangan ekonomi daerah, karena ternak selain merupakan sumber pangan hewani yang sangat penting bagi pembentuan karakter Bangsa, Juga merupakan sumber mata pencaharian masyarakat yang mampu memberikan multiflier effect terhadap pembangunan sektor lain.

Pesta patok atau Festival Ternak di kabupaten Ciamis 2018, dilaksanakan di lapangan Saguling Kecamatan Baregbeg, Festival ternak dimulai Senin-Rabu 6-8 Agustus 2018.

Bupati Ciamis, H, Ling Syam Arifin menjelaskan, potensi peternakan Kecamatan Baregbeg lebih didominasi ternak domba dan kambing sesuai dengan potensi pakan yang tersedia dan animo masyarakat setempat.

“Diharapkan dari Kecamatan Baregbeg dapat menghasilkan ternak domba dan kambing yang Berkualitas. Sehingga dapat meningkatkan daya saing dan dinilai jual peternak di lapangan,” tuturnya.

Pada sektor perikanan, banyaknya pelaku usaha perikanan di Kecamatan Baregbeg yang sangat berpotensi untuk pengembangan perikanan air tawar, kemudian untuk pengembangan peternakan Baik ternak besar maupun ternak kecil serta ternak unggas, kabupaten ciamis memiliki sumberdaya yang memadai baik sumberdaya alam maupun sumberdaya manusia.

“Kabupeten Ciamis mampu menampung kurang lebih 97 ribu unit ternak atau setara dengan 97 ekor ternak sapi dewasa, sementara jumlah ternak yang ada, Baru mencapai kurang lebih 31 ribu unit ternak, hal tersebut merupakan sebagai peluang sekaligus Tantangan, Karena kegiatan Festival ternak dan ikan ini sebagai wujud kepedulian pemerintah dan apreasi kepada pelaku usaha peternakan dan perikanan,” imbuhnya.

Kabupaten Ciamis juga memiliki Sumberdaya Ternak unggas lokal yang potensial, yaitu ayam sentul yang lebih terkenal di daerah lain Kalimantan dan Bogor.

“Untuk itu, lebih kita pertahankan kelestariannya bahkan perlu di tigkatkan produktivitasnya melalui pemberdayaan masyarakat sebagai plasma Nufah kebanggan Ciamis,” ungkap Bupati Ciamis.

Reporter : Mahendra
Editor : Agira
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here