Kabid Humas Polda Sultra, AKBP Sunarto

Reporter: La Ode Ali

KENDARI, Senin (1/5/2017) suaraindonesia-news.com – Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Masyarakat (Humas) Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra), AKBP Sunarto menghimbau kepada seluruh Anggota Polisi dilingkup Polda Sultra agar selalu mematuhi prosedur penggunaan senjata api (Senpi).

 “Kita harapkan agar semua Anggota Polisi bisa mematuhi penggunaan senjata api,karena setiap peluru yang digunakan harus bisa dipertanggungjawabkan kepada masyarakat,” katanya kepada media ini melalui sambungan WhatsApp, Senin (1/5/2017).

Terkait hal itu, lanjut Sunarto, Kapolda Sultra,Brigjen Pol.Andap Budhi Revianto selalu mengajak dan mengingatkan serta mengecek seluruh jajaran kepolisian untuk memperhatikan aturan dan prosedur penggunaan Senpi agar tidak disalahgunakan.

“Jadi Pak Kapolda itu selalu mengecek sehingga penggunaan Senpi sesuai aturan dan prosedur mulai dari proses administrasi dan ketentuan pinjam pakai bagi personil,” ujarnya.

Mengenai kepemilikan Senpi bagi Anggota Polisi, kata Sunarto, akan diseleksi mulai dari Psikologinya sampai kepada rekomendasi masing-masing atasan sehingga terseleksi dengan baik kecakapan dan kelayakan anggota memiliki Senpi.

“Secara periodik juga dilakukan pengecekan, baik administrasinya maupun fisik senjata, amunisinya oleh Propam untuk memastikan senjata tidak disalahgunakan, disamping setiap hari kita selalu cek dan berikan arahan kepada anggota,” jelasnya.

Ditanya apakah dilingkup Polda Sultra ada anggota polisi, Senpinya disalahgunakan khususnya kepada keluarga atau kerabat seperti yang terjadi di Bengkulu yang telah menembak anaknya sendiri atau daerah-daerah lain di Indonesia? Sunarto bersyukur kejadian serupa tidak terjadi di Sultra.

“Alhamdulillah nggak ada kejadian seperti itu di sini (Sultra),” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here