Jembatan Tua di Hilisataro Gewa Nisel Kembali Ambruk

Foto: Jembatan Hilisataro Gewa, Kecamatan Toma, Kabupaten Nias Selatan yang Ambruk

NIAS SELATAN, Kamis (14 September 2017) suaraindonesia-nwes.com – Jembatan lintas Gunung Sitoli, Telukdalam yang terletak di Desa Hilisataro Raya, Kecamatan Toma, Kabupaten Nias Selatan, kembali ambruk dan rusak parah, Kamis (14/9) sekitar pukul 11.00 wib.

Menurut Kepala Desa setempat Hekinus Maduwu mengatakan jembatan tersebut sudah tidak layak dilewati kendaraan yang bermuatan 3 ton.

Kepada wartawan suaraindonesia-news.com, menjelaskan bahwa jembatan itu diperkirakan sudah berumur kurang lebih 40 tahun sejak dibangun sampai hari ini.

“Seluruh rangka jembatan itu sudah keropos dan tidak layak dilewati jenis kendaraan bermuatan 3 ton, dan jika dipaksakan akan mengakibatkan kerusakan total,” terangnya.

Menurutnya ini terjadi bukan kali ini saja melainkan sudah beberapa kali terjadi.

“Namun Pemerintah Daerah sudah turut memperhatikan jembatan tersebut dengan menyarankan dinas terkait dalam hal ini PU (Pekerja Umum, red) dan melibatkan masyarakat untuk memperbaikinya hingga bisa di pergunakan sebagaimana mestinya,” tuturnya.

Hekinus menjelaskan, beberapa bulan lalu mobil yang bermuatan hingga 5 ton masih bisa melewati.

“Jalan dan jembatan ini sudah disahkan jalan Negara, jadi seharusnya mendapat perhatian serius dari pemerintah,” tuturnya.

Sebelumnya, truk yang bermuatan batu sertu bahan bangunan juga jatuh kebawah sampai mematahkan rangka besi yang sudah keropos itu akibat muatan yang tidak tertampung lagi.

“Berdasarkan informasi jembatan ini akan dibangun pada tahun 2018 mendatang dengan pagu dana 11 milyar,”Jelasnya.

Pantauan media ini, beberapa personil Polres Nias Selatan, Personil TNI dan Pemuda setempat turut hadir mengamankan akses jalan bagi pengguna jalan guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Salah satu pengguna jalan yang sempat kesal mengatakan, jembatan ini sudah seringkali dilewati oleh beberapa penjabat negara dan pemerintah Pemprov.

“Masa tidak diperhatikan pembangunan jembatan ini dengan cepat, wong semua sudah tau kondisinya memperihatinkan,” keluh pria yang tidak berkenan menyebutkan namanya itu.

Ia berharap, semoga dengan kejadian ini cepat diadakan perbaikan sebelum menelan banyak korban. (Ed/Bz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here