Jelang Pelaksanaan Pilkada Serentak 2018, Polres Pamekasan Gelar Apel Pasukan

PAMEKASAN, Selasa (26/06/2018) suaraindonesia-news.com – Jelang pelaksanaan pilkada serentak 2018, Kepolisian Resort (Polres) Pamekasan menggelar apel pasukan di lapangan Nagara Bahkti pendopo Ronggo Sukowati Pamekasan. Selasa (26/06).

Apel pasukan tersebut dipimpin langsung Kapolres Pamekasan AKBP Teguh Wibowo, SIK dan dihadiri jajaran Forpimda, Plt Sekda, Ketua KPU, Ketua Panwaslu dan seluruh OPD Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan.

Dalam sambutannya Kapolres mengatakan, bahwa pilkada merupakan pesta demokrasi bagi rakyat Indonesia pada umumnya dan masyarakat Pamekasan pada khususnya untuk memilih pemimpin didaerah baik gubernur maupun bupati.

“Melalui proses pemungutan suara di TPS hingga peelinya adanya kesiapan pengamanan untuk memastikan kegiatan pemungutan berjalan dengan aman, jujur, adil dan demokratis,” katanya.

Pelaksanaan pengamanan di TPS akan dilakukan selama tiga hari terhitung mulai tanggal 26 – 28 Juni 2018.

Menurut Kapolres, dalam pelaksanaan tugas pengamanan pemungutan suara di TPS-TPS anggata akan dihadapkan pada berbagai potensi kerawanan yang bisa berkembang menjadi gangguan nyata dan dapat mengganggu serta menghambat proses pemungutan suara.

“Melalui apel ini saya perintahkan kepada seluruh personel pengamanan untuk segera melakukan koordinasi dan kerjasama dengan penyelenggara pilkada di masing-masing TPS, kenali lingkungan masyarakat melalui tokoh agama, masyarakat dan elemen masyarakat dan tidak berpihak kepada kelompok tertentu karena petugas harus netral,” jelasnya.

Sebelum mengakhiri amanatnya, ada beberapa penekanan yang perlu untuk dijadikan pedoman diantaranya :
1. Siapkan fisik dan mental serta tingkatkan kewaspadaan.
2. Segera melakukan pemetaan kerawanan di masing-masing TPS.
3. Jaga komitmen dan netralitas serta tidak terlibat dalam politik praktis yang dapat menurunkan kepercayaan masyarakat kepada petugas pengamanan.
4. Memberikan perlindungan, pengayoman pada masyarakat serta amankan pilkada dengan rasa tanggung jawab.

Reporter : May/Ita
Editor : Amin
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here