Jelang Ops Gaktib dan Yustisi, Pasukan Pengamanan Dikumpulkan

Reporter: Cahya

Surabaya, Jumat (27/1/2017) suaraindonesia-news.com – Mengamati perkembangan dampak globalisasi yang terjadi seperti saat ini, seakan menjadi pantauan khusus bagi Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo untuk terus-menerus melakukan penertiban terhadap seluruh prajuritnya.

Bahkan, dalam mengawali kegiatan tahun 2017 saat ini, Panglima TNI telah memerintahkan seluruh personelnya untuk terlibat dalam operasi penegakan dan ketertiban (gaktib) dan operasi yustisi. Hal itu digelar, kata Panglima TNI, juga bertujuan untuk menyamakan persepsi dalam proses penegakan hukum bersama instansi pengamanan lainnya.

Menanggapi perintah itu, Dangartap III/Surabaya, Mayjen TNI I Made Sukadana dalam amanat Panglima TNI yang dibacakannya menegaskan, dalam kaitan itu, upaya penegakan disiplin dan kode etik keprajuritan dinilai sangat penting untuk dilakukan. Sebab, kata Made, hal itu sangat ampuh dalam memberikan dampak positif bagi konsistensi sikap dan perilaku TNI di wilayah tugasnya.

Untuk itu, saya perintahkan kepada seluruh personel yang terlibat dalam operasi gaktib dan yustisi, harus memiliki kesamaan persepsi selama menjalankan tugas maupun menyelenggarakan pelanggaran hukum, disiplin dan tata tertib prajurit TNI, tegas Dangartap yang juga menjabat sebagai Pangdam V/Brawijaya itu.

Selain itu, lanjut Dangartap, menurut hasil evaluasi gaktib pada tahun lalu (2016,red), terjadi penurunan perkara yang dilakukan oleh oknum TNI di wilayah tugas Gartap III/Surabaya. Kendati demikian, sesuai dengan perintah Panglima TNI, dirinya akan terus melakukan evalusasi sekaligus tindak lanjut dalam kegiatan gaktib tahun ini dalam mewujudkan TNI yang Hebat, Kuat dan Profesional sekaligus Dicintai Rakyat.

Kalau nanti di lapangan ada temuan mengenai oknum TNI yang melakukan pelanggaran, pasti akan kita lakukan penindakan secara tegas sesuai jalur hukum maupun peraturan yang berlaku, jelasnya.
Dalam apel yang diikuti oleh TNI-Polri dan beberapa personel pengamanan lainnya itu, Dangartap mewanti-wanti seluruh peserta apel gaktib untuk tidak semena-mena dan menjalankan tugas sesuai prosedur yang sudah berlaku.

Jangan lupa, tingkatkan keimanan, laksanakan gaktib dan yustisi ini dengan baik dan benar serta berpedoman pada aturan hukum yang berlaku dan segala bentuk perintah kedinasan, ucap Mayjen TNI I Made Sukadana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here