Jelang Natal dan Tahun Baru, Banyak Mamin Kadaluwarsa Dijual Bebas di Probolinggo

Tim sidak menunjukkan makanan tanpa merk dan sudah kadaluwarsa masih dijual disejumlah toko dan supermarket.

PROBOLINGGO, Kamis (14/12/2017) suaraindonesia-news.com – Menjelang Natal dan pergantian tahun baru 2018 di sejumlah toko, grosir mamin dan supermarket di Kota Probolinggo ditemukan adanya makanan dan minuman (mamin) yang sudah kadaluwarsa masih beredar dan dijual.

Peredaran mamin kadaluwarsa tersebut diketahui saat Pemkot Probolinggo melalui Dinas Kesehatan, Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUPP), Satpol PP, bersama MUI dan Lembaga Perlindungan Konsumen (LPK), melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah toko, grosir mamin dan supermaket, Kamis (14/12/2017) siang.

Dalam sidak tersebut sejumlah produk mamin tanpa label/merk dan sudah kadaluwarsa banyak ditemukan di grosir mamin Toko Sumber Manis di jalan Siaman. Bahkan di toko tersebut petugas juga mendapati susu kemasan sudah kadaluwarsa bulan November-2016 masih diedarkan.

Adanya temuan sejumlah mamin yang dijualnya tidak ada label/merk dan sudah kadaluwarsa, pemilik toko, Ny. Lusia (60) kepada petugas berdalih bahwa produk kedaluwarsa itu merupakan barang yang akan diretur (dikembalikan) kepada distributor. “Mamin itu akan kami retur, tapi salesnya sudah tidak ada kunjung datang lagi,” dalihnya kepada petugas.

Setelah dari toko Sumber Manis, tim kemudian menyidak Swalayan Sinar Terang di jalan Dr. Sutomo. Di Sinar Terang Supermarket ini petugas mendapati produk ovaltin yang waktu jatuh temponya pada bulan Januari 2018.

“Standartnya, 3 bulan sebelum waktu jatuh tempo kadaluwarsa barang harus sudah ditarik/diretur,” ujar Sekda Kota dr. Bambang Agus Suwignyo disela sela kegiatan sidak kepada wartawan.

Sidak kemudian dilanjutkan di Swalayan Karunia Damai Sejahtera (KDS) yang juga berlokasi dijalan Dr. Sutomo. Di KDS ini petugas mendapati permnen untuk anak anak yang ada mainannya sebagian sudah kadaluwarsa dicampur aduk dengan yang belum kadaluwarsa.

Seusai dari KDS tim kemudian mendatangi Angga Supermarket di jalan Basuki Rahmat. Di tempat ini tim mendapati beberapa kondom telah kedaluwarsa masih ditemukan dijual. Dalam sidak tersebut, tim juga memeriksa berbagai jenis kosmetik yang dijual di Toko Swalayan.

Dalam sidak tersebut, produk kedaluwarsa mamin paling banyak ditemukan di grosir mamin Toko Sumber Manis yang berlokasi dijalan Prajurit Siaman. Sejumlah produk mamin berbagai jenis dan tanpa merk yang sudah kadaluwarsa/tidak layak dikonsumsi banyak ditemukan di toko itu.

“Bahkan ada susu kemasan yang tanggal kadaluwarsa tahun 2016 masih juga dijual,” imbuhnya.

Terkait dengan temuan peredaran mamin kadaluwarsa yang masih dijual tersebut, Sekda Kota Probolinggo, dr. Bambang Agus Suwignyo disela sela kegiatan sidak kepada insan pers menyampaikan, bahwa mamin kadaluwarsa sangat merugikan bagi konsumen karena berbahaya bagi kesehatan.

Pemilik toko yang menjual sementara diberi peringatan teguran, kita monitor, serta diberi himbauan agar segera menarik produk mamin kadaluwarsa tersebut.

“Namun kalau masih saja menjual mamin kadaluwarsa tersebut ya terpaksa kita tindak dengan sangsi administrasi,” tegas dr. Bambang Agus Suwignyo disela-sela sidak.

Reporter: Bro

Editor: Supanji

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here