Jelang HKN, Dinkes Sumenep Gelar Lomba Posyandu Lansia

oleh -128 views

Reporter: Liq

Sumenep, Sabtu 8/10/2016 (suaraindonesia-news.com) – Menjelang Hari Kesehatan Nasional (HKN), Dinas Kesehatan Sumenep adakan lomba posyandu Lanjut Usia (Lansia) dan senam lansia ditingkat Kabupaten.

Menariknya lagi para peserta Lansia sangat antusias mengikuti perlombaan ini.

Acara tersebut di buka oleh Sekretaris Kesehatan Agus Mulyono dan juga nampak hadir ibu PKK Hj. Nono Lutfia Suetarto sekretaris daerah Sumenep, Kabid Kesmas Hj. Kusmawati dan beberapa Kepaka UPT Puskesmas Kecamatan, di depan Kantor Dinkes Sumenep.

“Lomba Posyandu Lanjut Usia ( Lansia ) dan lomba senam lansia ini kami menindak lanjuti lomba di tingkat Kabupaten dan untuk sekarang menyeleksi lagi untuk mencari juara I, II dan III,” jalas Kabid Kesmas Hj. Kusmawati kemarin.

Menurutnya, desuai hasil penilaian dari tim dewan juri yang terdiri dari Dinkes, PKK, yang mendapatkan juara I mendapatkan uang pembinaan 2.500.000.00 yang berhasil diraih oleh posyandu Juara 1 Posyandu Marengan Daya PKM Pamolokan, juara 2, uang pembinaan 2.000.000.00 Posyandu Bangselok PKM Pandian.

“Juara 3 uang pembinaan 1.500.000.00, Posyandu desa Bluto PKM Bluto,” imbuhnya.

Kus menambahkan tujuan dari perlombaan ini bisa meningkatkan motifasi Lansia untuk berkreatifitas, artinya dengan adanya ajang ini tentunya para Lansia tidak hanya diam di rumah saja. Mereka juga memiliki aktivitas sesuai keterampilan yang dimilikinya mereka .

“Dengan adanya wadah Posyandu Lansia tersebut tentunya mereka tidak hanya duduk saja di rumah dan memiliki aktivitas serta bisa menyalurkan ketrampilan yang dimilikinya,” sambungnya.

Senada yang sama PLT Kasi Aru ( sebagai panitia pelaksana lomba) Hj. Indah Farida Ratnawati menambahkan kedepan posyandu Lansia akan lebih diaktifkan lagi, mengingat jumlah Lansia setiap tahun akan bertambah yang ada di desa-desa.

“Jumlah Lansia setiap tahunnya pasti akan bertambah, untuk menyongsong itu tentunya akan mengakitifkan posyandu Lansia yang ada disetiap desa,“ jelasnya.

Kami berharap partisipasi dimasyarakat di desa sehingga masyarakat desa yang sudah lansia bisa terjaga kesehatannya dan bisa produktif kembali.

Ia menghimbau kepada seluruh posyandu Lansia se Kabupaten Sumenep agar dapat aktif dan Kemudian bagi posyandu yang belum dapat juara, supaya lebih giat lagi dan jangan sampai putusasah.

“Sebab tidak menutup kemungkinan perlombaan dimasa akan datang mendapatkan juara,” pung

Tinggalkan Balasan