Jawab Harapan Masyarakat, PLN Area Nias Operasikan Mesin Baru Di Moawo

oleh -286 views
Mesin Baru PLN

GUNUNGSITOLI, Rabu (20 Desember 2017) suaraindonesia-news.com – Terus berbenah menuju Nias terang, akhirnya PLN Area Nias jawab harapan masyarakat dengan mendatangkan mesin baru (Pembangkit Listrik Tenaga Disel) PLTD Gunungsitoli Moawo.

Kepada awak media ini, C. Mei Henston Pardede Manajer PLN Gunungsitoli Moawo saat di temui dikantornya yang terletak di Desa Moawo menjelasan beberapa jenis mesin, trafo dan panel baru yang berhasil dioperasika.

“Kini kita sudah berhasil mengoperasikan 6 buah Genset 3512B Caterpillar X 1.000 kw atau sama dengan 6 MW,” jelasnya.

Lebih lanjut C. Mei Henston mengatakan selain mesin, PLN Area Nias juga mempunyai Trafo Step Up sebagai trafo bangkit dari tegangan 400 Volt ke 20 kw dan Panel kontrol genset baru yang di fungsikan di PLTD Moawo, jelasnya sambil Pemperlihatkan beberapa mesin baru PLN itu.

Panel kontrol genset baru

Ditempat berbeda, Manajer PLN Area Nias Poltak Samosir mengatakan jika pihaknya (PLN-red) terus berupaya melaksanakan program program kerja yang konkrit dapat dilakukan menuju Nias terang.

“Salah satu upaya yang dilakukan PLN sejak awal mempersiapkan unit pembangkit backup sistem kelistrikan Nias. Sistem utama Nias tentunya dari pembangkit yang ada di Idanoi, namun PLN juga berpikir sejak awal bagaimana jika unit di Idanoi butuh pemeliharaan atau alami gangguan, maka tentunya backup daya perlu dipersiapkan dan Unit mesin baru di Moawolah yang menjadi jawabannya,” jelas manajer PLN itu.

Lebih lanjut Poltak mengatak ucapan syukur karena apa yang dipersiapkan tepat dan pada saat difungsikan, Pulau Nias dapat terhindar dari pemadaman.

“Kita bersyukur apa yang dipersiapkan tepat dan pada saat difungsikan, Pulau Nias dapat terhindar dari pemadaman karena kekurangan daya. Oleh karena itu total Daya Mampu sistem kelistrikan di Pulau Nias adalah sebesar 58 MW dan kebutuhan pelanggan hanya total 30MW maka Daya cadangan sebesar 28MW. Sebuah cadangan daya yang besar untuk menyambut kebutuhan listrik baru bagi kemajuan ekonomi masyarakat Nias. Termasuk sinyal positif bagi para investor karena listrik sudah surplus,” terangnya.

Reporter : Topan
Editor : Amin
Publisher : Tolak Imam

Tinggalkan Balasan