Inspektorat Kota Batu : PNS Nikah Lebih Dari Satu Boleh

Gaib Sampurno

Suara Indonesia-News.Com, Kota Batu – Dugaan pernikahan siri pegawai negeri sipil pemkot Batu yang ramai jadi perbincangan hangat di Kota Batu membuat geram Lembaga Swadaya Masyarakat ( LSM)  Alab – Alab, Gaib Sampurno

Menurutnya, ” kenapa pernikahan siri itu harus diperdebatkan dan dipermasalahkan. Bukankah itu menjadi hak asasi.  Alasanya, kata dia, nikah siri itu untuk laki laki dalam agama Islam sangat diperbolehkan, karena dengan nikah siri tersebut menjauhkan diri dari perzinahan,” urainya. Kamis (16/04/2015).

Selain itu, kata dia, dalam nikah siri itu si laki laki pasti sudah bisa mencukupi lahir batin kepada istri pertamanya apalagi istri sirinya ( kedua).

Memang, tandas dia, ada aturan tertentu yang mengatur proses boleh tidaknya seorang PNS menikah lebih dari satu, tetapi perlu diingat bahwa nikah siri adalah halal dan bukan bentuk pelecehan dan sebagainya sehingga seakan akan menjadi konsumsi berlebihan, ” pungkasnya geram.

Terpisah, Kepala Inspektorat Kota Batu Susetya Herawan mengatakan, ” Kami sudah koordinasi dengan Badan Kepegawain Daerah ( BKD ) dan kami sangat memperhatikan informasi tersebut serta  akan menentukan langka lebih lanjut sesuai Peraturan yang ada,” tandasnya

Jika dugaan itu betul, kata dia,  berarti ada  pelanggaran disiplin, tetapi,  pegawai negeri sipil, khususnya laki laki, pada prinsipnya boleh menikah lebih dari satu, dan kalau perempuan mutlak tidak boleh

Alasannya,  tambah Herawan, ada aturan dan tahapan agar nikah lebih dari satu tersebut menjadi legal, yaitu, mengajukan ijin nikah lagi yang ditujukan kepada walikota batu sebagai pejabat pembina kepegawaian ( PPK)

Tetapi, kata Mantan Kepala Dinas Cipta Karya ini menambahkan, sebelum masuk ke PPK, terlebih dahulu persyaratan tersebut masuk ke inspektorat guna diperiksa layak tidaknya yang bersangkutan menikah lagi,” pungkasnya. (kurniawan).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here