Inilah Surga Tersembunyi Pulau Tello Nisel

Yorinus salah satu nelayan Pulau Tello usai menyelam dan mendapat ikan jenis gurita

Reporter : T2g/Taando Manao

Pulau Tello, suaraindonesia-news.com – Pulau Tello merupakan gugusan kepulauan di Nias Selatan. Pulau Tello juga merupakan ibukota kecamatan dari Pulau-Pulau Batu, Nias Selatan, salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatra Utara.

Pulau kecil di gugusan kepulauan Nias Selatan ini memiliki keindahan alam yang luar biasa, bagi sebagian orang menyebutnya sebagai surga yang tersembunyi, bagaimana tidak hampir di setiap Pulau tampak pantai yang begitu indah dan laut yang jernih serta gelombang laut yang membuat para peselancar seperti di surga.

Pulau Tello pantainya begitu indah dengan pasir putih dan laut yang jernih, spot spot snorkeling yang eksotis, sunrise dan sunset yang indah serta ombak di Pulau Tello merupakan primadona para peselancar dari luar negeri karena ombaknya tidak kalah dengan ombak ombak yang ada di Pulau dewata Bali atau di tempat lainnya.
Masyarakat Pulau Tello pada umumnya berprofesi sebagai nelayan tradisionol yang masih menggunakan tali pancing atau menyelam untuk menangkap ikan dan sejenisnya.

Yorinus Gowasa masyarakat Tello menjelaskan kepada tim media ini, Selasa (19/7) bahwa hasil laut di pulau ini sangat lah kaya dan beragam, ada ikan, gurita, cumi, udang, sualo, dan masih banyak lagi.

“Tak perlu pergi jauh untuk mencari ikan seperti Gurita kita pun tinggal menyelam di deklat bibir pantai, di setiap pulau ini pasti kita akan mendapatkannya,” tutur Yorinus.

Yorinus juga menjelaskan bahwa dirinya sudah pernah menyelam di beberapa Pulau di Indonesia namun pulau lain itu tak seindah alam launnya Pulau Tello makanya ada banyak kapal dari Madura yang menyelam di Pulau Tello karena Pulau ini kaya biota lautnya. Yorinus meminta kepada Pemeritah Nias Selatan agar memperhatikan hidup para Nelayan yang ada di Pulau Tello.

Kawasan Pulau Tello, di Kabupaten Nias Selatan dapat menjadi salah satu tujuan wisata yang sangat menyenangkan saat liburan.

Beberapa Pulau yang wajib dikunjungi bila kita ke Kawasan Pulau Tello yaitu Pulau Luluang, Sibaranu, Sifika, Pulau Biang dan lainnya yang di jamin akan memanjakan para wisatawan dengan kepuasan tersendiri.

Jarak tempuh untuk ke pulau ini tidak jauh dari Pulau Tello hanya beberapa menit saja dengan perahu motor. Pulau Pulai kecil ini sangat indah serta dikelilingi pantai pasir putih dan pantai berbatu, serta laun yang indah dan jernih.

Pulai-Pulau ini juga memiliki alam bawah laut yang indah serta jika dieksplor lebih dalam lagi, pemandangan alam Pulau-Pulau ini sungguh menakjubkan.

Keindahan menjadi surga bagi para pencinta snorkeling di Indonesia Beberapa spot snorkeling terdapat di sekitar pantai Pulau-Pulau ini.
Terumbu-terumbu karang yang masih terawat dengan baik dan alami, membuat mata kita tidak dapat terpejam. Begitu indah dan sangat menawan, hal ini membuat kita betah untuk menikmati keindahannya.

Jika ingin berkunjung ke Pulau Tello, ada beberapa jalur alternatif yang bisa digunakan yaitu via padang, sibolga, teluk dalam dan bias juga melalu Bandara Binaka Gunungsitoli. Via Padang (sumatra barat) Jika dari kota Padang anda bisa memilih lewat jalur laut atau jalur udara, Via Sibolga (sumatra Utara) Jika dari sibolga anda bisa memilih jalur laut atau udara.

Sementara melalui jalur laut jarak tempuhnya kurang lebih 18 jam dengan menggunkan kapal dagang. Sedangkan melalui jalur udara jarak tempuhnya kurang lebih 45 menit dari Bandara pinang sori dan Via teluk dalam (Nias Selatan) Jika dari teluk dalam anda juga bisa memilih jalur laut.

Jika menggunkan jalur laut jarak tempuhnya kurang lebih 6 jam bisa menggunkan kapal dagang. Sedangakan jika melalui Gunungsitoli bisa melalui jalur Bandara Binaka naik pesawat Susi Air dengan jarak tempuh kurang lebih sekitar 28 menit sampai di Bandara Udara Lasonde.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here