Imam Subakti : Pembuatan KTP-eL Gratis, 1 Hari Selesai

Sejumlah pemohon KTP-eL

Reporter : Liq

Sumenep, Senin 5/9/2016 (Suaraindonesia-news.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur mulai berusaha serius menerapkan peraturan pemerintah tentang pelayanan pembuatan KTP-eL.

Buktinya, saat ini pembuatan KTP-eL gratis tampa di pungut biaya bahkan hanya dalam waktu satu hari selesai.

“Ia, saat ini pembuatan KTP-eL satu hari selesai dan tampu biaya apapun gratis,” kata Imam Subakti, Kabid pelayanan Disdukcapil Sumenep, Senin (5/9/2016).

Selain itu kata Imam, tidak harus direpotkan lagi dengan surat permohonan karena saat ini memang fokus bagi mereka yang sudah merekam.

“Semua yang sudah merekam harus terima KTP-eL tampa permohonan,” terangnya.

Lanjutnya, hingga saat ini dikabupaten Sumenep masih ada 40 ribu lebih yang yang sudah merekam dan belum menerima KTP-eL dan itu bisa mencapai ke angka 50 ribu.

“Sementara disisi lain, kami hari ini hanya punyak 10 ribu blangko, sehingga 40 ribu diantaranya sudah merekam dan tidak ada kepastian untuk mintak lagi kejakarta (pusat) mengenai blangkonya,” jelanya.

Disinggung masalah membludaknya masyarakat ke dinas kependudukan dan pencatatan sipil, , Imam membenarkan.

“Ia mas, hari ini memang banyak pemohon yang datang kedinas, sebab mereka kami suruh datang langsung ke dinas untuk pengambilan KTP- eLnya untuk menghindari oknum (calo, red),” tukasnya.

Supriyadi, salah satu pemohon asal Lenteng saat dikonfermasi usai menerima KTP-eL di Dispendukcapil mengatakan bahwa dirinya saat membuat KTP-eL tidak ada permasalahan semua berjalan lancar.

“Disamping gampang pengurusannya juga tidak dikenakan biaya semua gratis, tadi saya mengajukan permohonan pukul 10.00 wib, sekitia pukul 14.30 sudah selesai dan diambil sama KTP-eLnya mas,” terang Supriyadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here