Imam Subakti: Dua Desa Pemekaran di Pulau Sapeken Belum Miliki Redes

Imam Subakti, Kabid Pelayanan Dokumen Kependudukan Disdukcapil Sumenep

Sumenep, Suar Indonesia-News.Com – Untuk daerah pemekaran yakni Desa Saor Saebus dan Desa Sadulang Pulau Sapeken, Sumenep, Madura, Jawa Timur hingga saat ini belum memiliki Register Desa (redes).

Kabid Pelayanan Dokumen Kependudukan, Imam Subakti menjelaskan, secara atministrasi kependudukan itu sudah siap, artinya 2 Desa dari Desa pemekaran sudah siap, hanya saja, memang harus melalui tahapan sesuai dengan aturan. Jelasnya.

“Untuk daerah pemekaran belum ada redes, maka untuk verifikasi harus minta tolong dan mendekati redes Desa induk yaitu Desa Sapeken,”kata Imam Subakti.

Ia menambahkan, kemudian setelah itu di verifikasi selanjutnya kami akan memberikan kepada dua Desa pemekaran ini kartu keluarga (KK) dan kartu tanda penduduk (KTP), di data bis kemudian kartu keluarga (KK) ini di verifikasi dan di validasi.

“kami blangko KK terbatas, blangko KTP juga sangat terbatas dan di jata oleh pusat, oleh karena itu verifikasi itu sangat penting untuk di lakukan,”terangnya.

Jadi menurut Imam, selanjutnya setelah klarifikasi ada tanda tangan dari pejabat Desa pemekaran kemudian harus ada dari Camat, karena setiap usulan dari Desa pemekaran harus mengetahui Dinas apabila persaratan tidak lengkap maka kami akan menolak untuk proses pembuatan KK atau KTP.

“Apabila persyaratan sudah lengkap tetap kami akan melayani proses pembuatan KK dan KTP,”ujarnya singkat.

Sementara menurutnya, di 2 Desa pemekaran itu masih belum ada redes sementara anggaran 2015, pihaknya masih menkafer 328 Desa.

“Sementara merekrut redes baru itu kan harus masuk ke anggaran APBD, mudah-mudahan tahun 2016, 2 Desa pemekaran masuk ke dana APBD untuk perekrutan redes baru,”tukasnya.(liq).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here