Ibu Gubernur Jambi Himbau Kader PKK Manfaatkan Pekarangan Dengan Tanaman Pangan

Reporter: Inro

Jambi, Rabu (22/2/2017) suaraindonesia-news.com – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Jambi, Hj. Sherrin Tharia Zola juga istri Gubernur Jambi, Zumi Zola menghadiri kegiatan Gerakan Tanam Cabai Rabu (22/2) Taman BPTP Jambi, Desa Pondok Meja, Kecamatan Mestong, Kabupaten Muaro Jambi.

Dikatakan Sherrin Tharia, menghimbau kader PKK se Provinsi Jambi untuk memaksimalkan pekarangan dengan menanam tanaman pangan, khususnya cabai dan sayur-sayuran.

Turut mendampingi Pj Sekda Provinsi Jambi, Erwan Malik, Ketua Dharma Wanita Polda Jambi dan KetuaPersit Korem 042/Garuda Putih Jambi, Kepala BPTP Jambi, Dr. Ir. Mohammad Takdir Mulyadi, MM .

“Kerjasama yang dilakukan oleh PKK dan BPTP Jambi ini, yakni memanfaatkan potensi lahan pekarangan keluarga untuk ditanami cabai dan sayur-sayuran merupakan upaya untuk mendukung mengatasi gejolak fluktuasi harga cabai yang cukup tinggi,” jelasnya.

Cabai bisa menjadi penyumbang inflasi yang cukup dominan di Provinsi Jambi.

“Saya sebagai Ketua TP PKK Provinsi Jambi berharap jajaran TP PKK baik tingkat Provinsi Jambi maupun kabupaten/kota agar dapat mensukseskan dan melaksanakan program ini dengan sebaik-baiknya sebagai upaya memperkuat ketahanan pangan masyarakat, khususnya pemenuhan kebutuhan cabai yang pasokannya agak terganggu akbibat anomali cuaca dan efek elnino yang menyebabkan banyaknya petani cabai mengalami gagal panen,” paparnya.

Dikatakan oleh Sherrin Tharia, untuk Gerakan Nasional Tanam Cabai di Provinsi Jambi akan dialokasikan 25.000 batang bibit cabai yang akan disistribusikan ke 11 kabupaten/kota se Provinsi Jambi.

“Agar BPTP dapat memberikan pendampingan/pelatihan kepada kader pangan, baik teknis maupun
teknologi cara budidaya tanaman cabai, supaya gerakan tanam cabai di Provinsi Jambi terlaksana secara optimal,” tegasnya.

Sherrin mengemukakan bahwa selain bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan, gerakan tanam cabai juga dimaksudkan untuk mendorong masyarakat untuk cerdas dalam memanfaatkan lahan pekarangan agar menjadi lahan produktif bernilai ekonomi, serta menciptakan lingkungan hijau.

Sementara itu Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, Drs. H. Erwan Malik, MM menyatakan, partisipasi keluarga, terutama para ibu sangat diharapkan dalam mensukseskan gerakan tanam cabai. Sekda mengapresiasi upaya keras Kementerian Pertanian Republik Indonesia dalam mengupayakan solusi
begi persoalan masyarakat terkait ketersediaan dan harga cabai.

“BPTP Jambi merupakan salah satu dari 33 BPTP se Indonesia yang ditugaskan Menteri Pertanian untuk menyediakan bibit cabai unggul, dan melakukan pendampingan di lapangan. Oleh krena itu, saya berharap BPTP Jambi jangan pernah henti melakukan pendampingan teknologi dan inovasi pertanian, terkhusus dalam mendampingi program Gertam Cabai di Provinsi Jambi,” tuturnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here