HUT Sultra Ke-53, Buton Bakal Tampilkan Kain Tenun Khas Daerah

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buton, La Ode Zainuddin Napa

Reporter : La Ode Ali
BUTON, Senin (10/4/2017) suaraindonesia-news.com – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Buton bakal menampilkan kain tenunan khas daerah berstandar internasional pada Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Sulawesi Tenggara (Sultra) ke-53 yang akan diadakan di Kendari, 27 April 2017 mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Buton, La Ode Zainuddin Napa,mengatakan, kain tenunan yang dimaksud seperti sarung tenun yang dibuat sendiri oleh masyarakat setempat. Selain itu, pihaknya juga akan menampilkan lagu khas daerah yang dibawakan oleh Group Musik Kesenian Rambi Ganda Takawa.

“Jadi nanti pada acara pembukaan, kita diundang untuk tampilkan lagu-lagu khas Buton yang dibawakan oleh Group Kesenian Rambi Ganda Takawa,” katanya melalui sambungan telepon, Senin(10/4/2017).

Tidak hanya itu, lanjut dia, pada kegiatan tersebut, pihaknya juga akan mengikuti Karnaval Budaya yang juga menggunakan pakaian khas daerah.Untuk Buton pesertanya sekitar 50 orang yang didominasi oleh pegawai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

“Yang akan ikut Karnaval Budaya sekitar 50 orang dan rata-rata dari SKPD lingkup Pemda Buton,” ujarnya.

Ditambahkan, pada acara itu pihaknya juga akan mengikuti Lomba Kuliner dan Pameran Produk Unggulan seperti kain tenunan dan kerajinan.Namun untuk lomba kuliner, dia belum mengetahui pasti apa yang akan diunggulkan karena masih akan berkoordinasi dengan pihak Darmawanita setempat.

“Kalau untuk kulinernya itu saya belum tau apa menunya, tapi yang pasti kuliner khas daerah Buton,” jelasnya.

Sekedar informasi, pada acara pembukaan HUT Sultra ke-53 di Kendari 27 April 2017 mendatang, seluruh SKPD, Camat, Lurah dan Kepala Desa se-Kabupaten Buton akan diikutsertakan dalam kegiatan tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here