Hujan Lebat Akibatkan Banjir Di Beberapa Jalan

Suara Indonesia-News.Com, Probolinggo – Curah Hujan yang cukup tinggi di Kota Probolinggo pada akhir-akhir ini membuat beberapa akses jalan di Kota Probolinggo rusak, aspalnya terkelupas akibat tergerus banjir.

Banjir yang terjadi dibeberapa akses jalan di Kota Probolinggo tersebut menurut keterangan Gofur selaku Kabid Pengairan Dinas PU Pemkot Probolinggo kepada Suara Indonesia.News.Com, Jumat (12/3/15).

Gofur mengatakan, bahwa terjadinya banjir tersebut adanya faktor alam diantaranya curah hujan yang cukup tinggi mencapai 50mm membuat daya tampung saluran air tidak mampu, ditambah air laut pasang, forto grafi posisi jalan yang ada cekungan, juga adanya pendangkalan pada saluran air dan sungai, ujarnya.

Selain itu, lanjut Gofur dalam penjelasannya, juga adanya faktor manusia, yaitu membuang sampah seenaknya tidak pada tempat yang sudah disediakan oleh Pemerintah, juga adanya pemasangan pipa air yang melintasi sungai sehingga menghambat arus air waktu hujan, menyebabkan air meluap kejalan bahkan ke pemukiman warga, katanya.

Sementara itu Yuswandi, Kabid Binamarga Dinas PU mengatakan ruas jalan yang rusak, aspalnya mengelupas akibat tergerus banjir akan dibenahi setelah curah hujan mulai rendah, katanya. (Singgih).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here