Hujan Deras, 3 Rumah Terkena Longsor

Reporter : Nor/Luk

Sampang, Suara Indonesia-News.Com- Tiga rumah warga di Dusun Butmuning Desa Tobai Barat Kecamatan Sokobanah Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, nyaris roboh dan sedikit demi sedikit tergerus oleh pergeseran tanah. Tak hanya itu, longsoran tanah yang disertai oleh batu juga mulai menutup badan jalan tepat di bawah 3 rumah tersebut.

Informasi yang berhasil diperoleh, kejadian longsor ini dipicu akibat hujan deras yang terjadi tadi malam. Bahkan, beberapa warga yang tinggal di bibir tebing mengaku takut jika terjadi longsor susulan.

“Takutnya terjadi longsor lagi pada saat malam hari, kita tidur dan sudah tertimbun tanah, bisa terkubur hidup-hidup,” kata Said (36) warga setempat, kemarin.

Untuk menghindari longsor susulan, warga bergotong royong memperbaiki tebing dengan alat seadanya. Warga berharap, Pemerintah turun tangan membantu perbaikan tebing guna menghindari jatuhnya korban jiwa.

“Dua tahun lalu tebing yang longsor ini pernah di beri plengsengan dari dana swadaya masyarakat, Karena tidak pernah di sentuh Pemerintah. Maka kami berharap pemerintah kali ini turun tangan membantu,” harap Said.

Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sampang Wisnu Hartono saat di konfirmasi mengaku belum mendapat laporan terjadinya longsor. Pihaknya juga belum bisa melakukan tindakan sebelum adanya laporan.

“Makanya Kepala Desanya harus melapor ke Camat kemudian pihak Camat akan melapor ke Bupati. Kalau longsor itu berhubungan atau mempengaruhi jalan, tembusannya ke BPBD dan pihak terkait, jadi kami tidak bisa bertindak tampa adanya disposisi dari Bupati,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here