Hewan Ternak Berkeliaran, Satpol PP dan WH Abdya Turun Tangan

Kasatpol PP dan WH Abdya, Riad SE bersama Camat Blangpidie, Adnan SH saat mengarahkan pemilik kerbau yang diamankan oleh anggota Satpol PP dan WH di Lapangan persada Blangpidei

Blangpidie, Abdya – Suara Indonesia-News.Com – Kesatuan Polisi Pamong Praja dan Wilayahtul Hisbah (Satpol PP dan WH) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) kembali menertibkan hewan ternak yang berkeliaran di wilayah kabupaten setempat.

Kepada awak media, Kasatpol PP dan WH Abdya, Riad SE menyebutan, tindakan penertiban ternak yang berkeliaran terutama di kecamatan Blangpidie dan kecamatan Susoh itu merupakan tindakan sesuai dengan perintah pimpinan.

”Selain itu keberadaan hewan ternak yang berkeliaran terutama di jalan-jalan umum itu sangat menggangu pengguna jalan,”sebutnya.

Untuk penertiban itu sendiri, lanjut Riad, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait terutama muspika setiap kecamatan, dengan harapan dapat terus melakukan penertiban secara terkoordinir.

”Setiap herwan ternak yang tertanggkap anggota Satpol PP akan kita kenakan sangsi,”tegasnya.

Lebih lanjut, Riad mengimbau kepada masyarakat pemilik hewan ternak untuk tidak melepaskan hewan peliharaannya, terutama dalam Kecamatan Susoh dan Blangpidie untuk menghindari penangkapan oleh Satpol PP.

”Kita sudah memberitahukan kepada Camat, keuchik dan pihak terkait, bahwa Satpol PP dan WH Abdya akan melakuan operasi penertiban,”terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Riad juga menegasan, penertiban hewan ternak tersebut sesuai dengan Qanun Pemkab Abdya Nomor 2 tahun 2008 tentang larangan melepas ternak peliharaan ditempat-tempat umum.

”Bila hewan ternak yang ditangkap dalam penertiban, maka sesuai qanun tersebut akan dikenakan denda Rp 100.000/hari untuk ternak kerbau serta  sapi, dan Rp 25.000/hari untuk ternak kambing sejenisnya sebagai biaya peliharaan ternak yang terjaring dalam operasi,”sebutnya.

Sementara itu Camat Blangpidie, Adnan SH ditempat terpisah mengatakan, tindakan yang diambil oleh Satpol PP dan WH Abdya tersebut sudah tepat. Menurutnya, sejauh hari sebelumnya, pihaknya sudah memberitahukan kepada pemilik ternak bahkan sudah berkali-kali di surati melalui kepala desa.

”Operasi penertiban ternak ini sangat tepat, selain menertibkan hewan ternak juga sebagai upaya meminimalisir kecelakaan yang diakibatan oleh banyaknya hewan berkeliaran,”sebutnya.

Apalagi, lanjut Adnan, penertiban dan penangkapan hewan ternak yang berkeliaran itu sudah diatura dalam Qabun pemerintah Kabupaten Abdya, yang mana Satpol PP wajib menertibkan hewan ternak milik masyarakat bila dilepaskan secara liar.(N)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here