Hasil Survei Saiful Mujani SMRC, Jika Pilkada Bangkep Digelar Sekarang, Ini Pemenangnya

Hasil survei yang dipercayakan kepada Research & Consulting Saiful Mujani

Bangkep, Kamis (23/11/2016) suaraindonesia-news.com – Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) mengumumkan hasil survei terhadap kandidat bakal calon bupati Banggai Kepulauan (Bangkep), Bulan Mei-Juni 2016 lalu.

Hasil survei yang dipercayakan kepada Research & Consulting Saiful Mujani, dari beberapa nama yang mendaftar dan yang bersedia disurvei ikut dalam ketentuan yang disepakati, muncul 5 nama.

Program Director Lembaga Survei Saiful Mujani, Sirojudin Abbas menjelaskan, survei dilakukan bulan Mei hingga Juni 2016 itu. Tujuannya untuk mencari keinginan masyarakat seperti apa tokoh-tokoh yang ingin maju dalam Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Bangkep yang akan digelar 2017 nanti.

“Siapa yang paling berpeluang. Kita diagnosis secara mendalam faktor seseorang mendapat dukungan dan tidak mendapatkan dukungan,” ulas Sirojudin.

Metode yang digunakan dalam riset ini, lanjutnya, populasi seluruh pemilih diambil sebagian orang sebagai sampel, dengan margin eror lebih kurang 5 persen. Wawancara dilakukan secara langsung kepada masyarakat yang menjadi survei.

Dari pertanyaan yang diutarakan tim survei kepada masyarakat, siapa bakal calon Kepala Daerah Kabupaten Bangkep yang banyak dipilih masyarakat, berada di peringkat teratas Lania Laosa, kemudian disusul Irianto Malinggong, Amoruddin Kasim Latarang, Djamaluddin Mariadjang.

Dari empat nama, hanya Lania Laosa, yang muncul sebagai balon Bupati Bangkep yang diinginkan rakyat. Jika dilihat kekuatan dukungan, Lania Laosa memiliki dukungan tertinggi, yakni 56.1 persen, kemudian yang terendah dukungannya Djamaluddin Mariadjang hanya 0.7 persen.

Dari survei ini juga ditemukan hasil bahwa kesempatan incumbent untuk kembali memimpin Bupati Bangkep sangat besar, yaitu 56.1 persen warga yang ingin Lania Laosa duduk lagi di Pemerintah Kabupaten Bangkep, sementara 3.2 persen tidak tahu dan belum menetapkan pendirian.

Sementara, bagusnya elektabilitas incumbent dikarenakan masyarakat puas dengan kinerja pemerintah. Dari survei, kepuasan terhadap pemerintahan Lania Laosa memandang baik.(Zaini)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here