Hari Koperasi Ke 71, Bupati Sumenep; Koperasi Harus Berperan Aktif Dalam Perekonomian Rakyat

oleh -174 views
Bupati Sumenep, A. Busyro Karim saat memimpin upacara hari Koperasi Ke-71 di Halaman Pemkab Sumenep, Madura, Jawa Timur, Rabu (25/07)

SUMENEP, Rabu (25/07/2018) suaraindonesia-news.com – Bupati Sumenep A. Busyro Karim meminta agar pembangunan koperasi lebih diarahkan pada peningkatan kualitas koperasi. Permintaan tersebut ia sampaikan saat memimpin upacara Hari Koperasi ke 71 tahun 2018 yang digelar dihalaman kantor Pemkab setempat, Rabu (25/07).

“Koperasi mempunyai peran penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, dan koperasi selalu menjadi penopang ketahanan ekonomi Nasional,” kata Bupati, dalam sambutannya.

Peningkatan kualitas koperasi saat ini harus dilakukan, kata Bupati, hal tersebut dalam rangka mewujudkan koperasi sebagai lembaga usaha yang sehat, berdaya saing, tangguh, mandiri, produktif dan professional.

Sehingga, politisi PKB ini meminta keberadaan koperasi harus berperan aktif dalam perekonomian rakyat. Untuk itu pemerintah dituntut menyediakan fasilitas permodalan serta bantuan promosi dan pemasaran.

Lanjut Bupati, koperasi di Kabupaten Sumenep sendiri mampu menyerap tenaga kerja hingga 45 persen dengan jumlah anggota koperasi mencapai 535.941 orang dengan total modal sendiri sebesar 199 milliar lebih dan mempunyai aset 290 milliar.

“Hal ini merupakan bentuk upaya peningkatan dalam mensejahterakan masyarakat Kabupaten Sumenep. Tentunya, melalui koperasi,” paparnya.

Bupati yang kedua kalinya nahkodai Kabupaten Sumenep ini berharap, semua koperasi yang ada di wilayahnya mampu bercermin dan belajar pada koperasi yang sudah bertaraf Nasional.

“Banyak koperasi level Nasional yang omsetnya mencapai hingga beberapa trilliun. Bahkan sudah masuk bursa efek dan mampu membeli saham, hal ini bisa dijadikan motifasi bagi koperasi yang ada di Kabupaten Sumenep,” tandasnya.

Reporter : Syaiful
Editor : Agira
Publisher : Imam

Tinggalkan Balasan