Hari Ke 8, Pengajuan Bacaleg di KPU Kota Batu Sepi Peminat

Rochani, Ketua KPU Kota Batu

KOTA BATU, Rabu (12/7/2018) suaraindonesia-news.com – Memasuki hari ke 8, sejak dibukanya pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Batu, ternyata hingga Rabu 12 Juli 2018 masih sepi peminat, bahkan tak satupun Partai politik (Parpol) peserta pemilu mengajukan bacalegnya.

Rochani Ketua KPU kota Batu mengatakan bahwa tanggal Rabu 4 Juli 2018, KPU secara resmi telah membuka pendaftaran pengajuan bacaleg, namun memasuki hari ke 8 tak satupun partai politik mendaftar diri ke KPU kota Batu.

“Pendaftaran bacaleg sudah dibuka 4 Juli lalu, hingga sekarang belum ada tanda-tanda caleg dari partai manapun yang mendaftarkan diri ke KPU, padahal 6 hari ke depan tepatnya 17 juli 2018, masa pendataran ditutup,” kata Rochani saat ditemui di kantornya, Rabu (12/7/2018).

Setelah masa pendaftaran pengajuan caleg berakhir, kata Rochani, KPU tidak memberikan toleransi,maka ia berpesan kepada paratai politik pengusung bacalek untuk memperhatikan persyaratan pengajuan Bacaleg.

Ia memperkirakan pada hari terakhir menjelang penutupan mereka akan beramai-ramai mendaftarkan diri. Karena mereka sekarang ini masih pada sibuk mengurus dan menyelesaikan berkas persyaratan yang harus dilengkapi, seperti SKCK dari Kepolisian, tes kejiwaan, termasuk surat keterangan bebas penyalahgunaan, obat-obat terlarang yang dikeluarkan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN).

Meskipun sepi peminat, KPU Kota Batu tetap stan bay, sudah siap menerima para bacaleg mendaftar, KPU tetap memberlakukan prosedur pendaftaran hingga masa berakhirnya penerimaan bacaleg yang ditutup 17 juli 2018.

“Untuk menyambut parpol dan pengajuan Bacaleg yang hendak mendaftar, petugas kami tetap siaga, sesuai dengan peraturan yang berlaku, sementara untuk hari terakhir pendaftaran pengajuan bacaleg, KPUD kota Batu membunya hingga pukul 24.00 WIB,” jelasnya.

Di lantai 2 kantor KPUD kota Batu tempat pendaftaran pengajuan bacaleg yang dilengkapi sejumlah perangkat elektronik untuk mempermudah proses penerimaan berkas pendaftaran bacaleg tampak sepi.hanya ada ketua KPU kota Batu, sementara petugas KPUD yang siaga itu berada dilantai bawah, mengerjakan tugas lainnya.

Reporter : Adi Wiyono
Editor : Agira
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here