Harga Daging Ayam Broiler di Kota Probolinggo Merangkak Naik

Tim ketahanan pangan menyidak agen ayam broiler milik Edi Santoso, di jalan Sunan Giri, Kelurahan Sumbertaman.

PROBOLINGGO, Rabu (2/5/2018) suaraindonesia-news.com – Harga daging ayam broiler (pedaging) di Kota Probolinggo, Jawa Timur, terus merangkak naik hingga tembus Rp.42.000,-/kg.

Daging ayam broiler di Kota Probolinggo tidak hanya naik, namum keberadaannya akhir akhir ini juga semakin langka. Bahkan dua hari terakhir, sejak Selasa (1/5) kemarin banyak pedagang ayam broiler yang sudah tidak berjualan.

Adanya kelangkaan ayam broiler yang mengakibatkan melambungnya harga tersebut, mendorong tim ketahanan pangan Kota Probolinggo yang terdiri dari Polres, Diskoperindak dan Dinas Peternakan setempat turun melakukan sidak ke agen ayam broiler yang ada, Rabu (2/5) siang.

Salah satu agen ayam broiler yang disidak tim ketahanan pangan adalah Edi Santoso (50), di jalan Sunan Giri RT.4/RW.4 Kelurahan Sumbertaman, Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo.

Wakapolresta Probolinggo, Kompol Jumadi selaku ketua tim menjelaskan, pihaknya melakukan sidak ke agen ayam broiler karena mahalnya harga daging ayam broiler di pasar pada akhir akhir ini.

“Agar tidak meresahkan masyarakat kita melakukan sidak ke agen, untuk mencari apa penyebab harga daging ayam broiler sekarang ini begitu mahal,” ujarnya.

Kompol Jumadi menuturkan, berdasarkan informasi yang kita dapatkan dari pak Edi, agen ayam broiler yang disidak, sejak dua hari lalu sudah kesulitan untuk mendapatkan pasokan ayam broiler. Andai kata ada harganya juga mahal. Karena mahal dia tidak mengambil.

“Karena tidak mengambil, sisa sisa yang ada dia jual dengan harga yang tinggi,” bebernya.

Sedang Gatot Wahyudi, Kepala Diskoperindag Kota Probolinggo, mengatakan,

“kami tadi sudah tanyakan kepada pak Edi selaku agen ayam broiler. Dia kepada kami menyampaikan, bahwa mulai dua hari kemarin stok ayam broiler sudah tidak ada”.

Karena itu, kami mememinta kepada dia selaku agen ayam broiler, bagaimana caranya agar mulai besok pasokan ayam broiler bisa normal, dan mengharap harganya juga bisa normal.

“Sekarang ini pengambilan dari pabrik harganya sudah Rp.20.300,-/kg dan dia mengambil stan Rp.700,-/kg. Sehingga harganya menjadi Rp.21.000,-/kg, normatifnya Rp.22.000,-/kg. Selanjutnya dijual ke pedagang Rp.37.000,-/kg,- ,” paparnya.

Sementara itu, Edi selaku agen ayam broiler saat ditanya wartawan menjelaskan, penyebab kelangkaan ayam broiler terjadi, karena di Kota Probolinggo tidak ada peternak ayam broiler.

Selama ini, pihaknya mendapat pasokan ayam broiler dari luar kota, yakni Lumajang dan Pasuruan. Secara insidentil kadang kadang saya mengambil dari Malang dan Jember.

“Otomatis kalau kita mengambil dari luar kota biaya operasionalnya tinggi.dan sekarang ini ayam broiler di pabrik sendiri juga sudah langka,” kata Edi.

Menurutnya, kelangkaan ayam broiler ini tidak hanya terjadi di Kota Probolinggo saja. Kelangkaan ayam broiler ini saya rasa terjadi di seluruh jawa timur. “Yang saya tau langsung, seperti di Pasuruan, Malang, Lumajang dan Jember juga terjadi kelangkaan,” ujarnya.

Edi mengatakan, bahwa kelangkaan ayam broiler ini sudah sejak akhir tahun 2017. Karena pabrik produksinya menurun sehingga stok menjadi langka. “Padahal kebutuhan ayam broiler di kota Probolinggo mencapai 28 – 30 ton/hari. Sedang stok yang saya punya sekarang untuk besok pagi hanya ada 6 ton,” ungkapnya.

Ditempat berbeda, Edo yang juga pedagang ayam broiler, warga jalan Plamboyan, Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan, mengatakan, pedagang ayam broiler di Kota Probolinggo sejak Selasa (1/5) kemarin sudah banyak yang tidak jualan. Pasalnya harga yang tinggi, dikarenakan suplay dari pabrik dibatasi semenjak Desember 2017 lalu.

Edo menyebutkan, harga ayam broiler semenjak akhir tahun 2017 sampe sekarang terus merangkak naik. “Dua hari lalu dipasar harganya sekitar Rp.34.000,- hingga Rp. 36.000,-/kg. Karena semakin langka, harga ayam broiler sekarang dipasar mencapai Rp.42,-/kg,” ungkapnya.

Reporter : S. Widjanarko
Editor : Agira
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here