H Ngateman : Ukir Prestasi Menuju Porprov Jatim VI 2019, Target 10 Besar

Ketua KONI Kabupaten Lumajang, H Ngatemen saat memberikan sambutan

LUMAJANG, Kamis (12/7/2018) suaraindonesia-news.com – Mengukir prestasi atlet ini disampaikan Ketua Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Lumajang, H Ngateman pada saat memberikan sambutan di acara Rapat Kerja (Raker) KONI bertemakan “Semangat Berprestasi Menuju Porprov Jatim VI 2019”, dilaksanakan di Pendopo Bupati Lumajang, pagi ini diikuti 137 peserta.

Ngateman mengatakan kalau sampai dengan hari ini sudah anggota KONI ada sekitar 29 Cabang Olah Raga (Cabor).

“Jadi selama saya memimpin KONI di tahun 2015 lalu, mulai dari 24 Cabor sekarang menjadi 29 Cabor, jadi bertambah 5 Cabor baru sejak 2017 sampai sekarang,” katanya dalam sambutan pembukaan Raker KONI tahun 2018 ini.

Dan pada tahun 2017 lalu, kata Ngateman, KONI sudah melaksanakan program sesuai dengan RKA dengan baik.

“Namun ada dana yang kami kembalikan sebesar Rp 360 juta karena tidak bisa dibelanjakan untuk pengadaan barang, mungkin tahun depan bisa melakukan pemlngadaan barajg lagi,” pesannya.

Ngateman juga meminta kepada semua Cabor untuk dilakukan pembinaan. Minimal mereka mengikuti 3 kejuaraan, seperti Kejuaraan Tingkat Kabupaten (Kejurkab), Piala KONI, Kejuaraan Tingkat Daerah (Kejurda) dan Kejuaraan Tingkat Propinsi (Kejurprov).

Baca Juga: Kawanan Pembuat Teror, Diringkus Tim Anti Teror Polres Lumajang 

“Pusat Latihan Kabupaten (Puslatkab) sudah kami lakukan. Yang seharusnya, Puslatkab ini dilakukan pada suatu tempat khusus dan dibina secara bersama-sama. Tapi di Lumajang belum bisa melaksanakan, karena terkendala sarana dan prasarana tersebut,” paparnya.

Sejak tahun 2017, KONI sudah mempunyai 71 atlet yang berprestasi. Semisal dari Cabor POSI dan PASI.

“Dan pada tahun 2018 ini, sesuai dengan rencana, ada 101 anak, yang masuk dalam Puslatkab, padahal kami siapkan 115 anak untuk Puslatkab dan ada 29 pelatih,” tambahnya.

Hal ini menurut pria penghobi sepak bola ini, akan memberikan kesempatan kepada atlet lainnya agar bisa masuk ke dalam Puslatkab demi membawa nama Lumajang menuju Porprov VI Juli tahun depan.

Pada Porprov nanti ada sekitar 39 Cabor yang dipertandingkan.

“Kabupaten Lumajang, mempunyai 52 atlet, tingkat nasional untuk POSI, lainnya ada kejuaraan secara regional. Dan kami sudah menjalin kerjasama dengan Badan Kesehatan Olah Raga (BKOR) Kabupaten Lumajang, untuk bisa tes kesehatan bagi altet Puslatkab. Bagitu juga dengan STIE dan Unisa,” ujarnya lagi.

KONI juga telah bekerja sama dengan media massa untuk membackup kegiatan KONI, dan Cabor.

“Untuk Porprov kami akan mengirimkan 115-150 atlet, yang bertempat di 4 kabupaten antara lain Lamongan, Gresik, Bojonegoro dan Tuban. Dan dukungan anggaran tiap Cabor dari Pemerintah Kabupaten Lumajang sangat dibutuhkan,” imbuhnya.

Target KONI Kabupaten Lumajang adalah 10 besar pada tahun 2019 di Porprov Jatim VI. Sebab di Kabupaten Banyuwangi lalu, Kabupaten Lumajang berada diurutan 12, dengan mengirimkan sejumlah 90 atlet.

“Keterbatasan sumber dana ini diimbangi dengan semangat yang besar oleh masing-masing Cabor. Kami hanya meminta untuk bidang sarana prasarana dan dukungan dana yang sebelumnya Rp 2,8 milyar menjadi Rp 4 milyar ditahun 2018, dimungkinkan tahun depan bisa bertambah. Para Cabor saya minta semangat dan semangat terus,” bebernya.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Lumajang, Ir Agus Widarto MM, saat memberikan sambutan juga menuturkan kalau atket yang akan bertanding di Porprov Jatim VI tahun depan itu demi mengharumkan nama Lumajang.

“Maka dari itu, kami meminta kepada seluruh pengurus KONI dan Pengkab Cabor untuk bisa membina atletnya agar bisa berprestasi,” paparnya.

Sebab menurut Agus, Porprov ini nantinya untuk mengangkat prestasi bukan hanya medali saja.

“Puslatkab ini bisa meningkatkan prestasi atlet. Pemkab Lumajang sangat mendukung apa yang sudah dilakukan KONI. Tahun 2019 akan dibangun sport center. Sarana prasarana mendukung untuk para atlet,” ungkapnya.

BKOR itu kata Agus juga bisa mendukung prestasi olah raga, yang mana atlet nya bisa dilakukan pemeriksaan secara teratur. Dan Dispora Kabupaten Lumajang, bisa memberikan perencanaan.

Reporter : Achmad Fuad Afdlol
Editor : Agira
Publiser : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here