H-1 Lebaran, Kawanan Spesialis Curwan Dibekuk Polisi Jember

Pelaku yang ditembak polisi sedang menjalani perawatan medis di RSD. Soebandi. (Foto: Guntur Rahmatullah)

JEMBER, Kamis (14/6/2018) suaraindonesia-news.com – Menjelang Hari Raya Idul Fitri yang tinggal sehari lagi, kawanan pencuri hewan (curwan) sapi yang kerap meresahkan warga akhirnya berhasil dibekuk oleh Resmob Barat Polres Jember, Rabu (13/6/2018) sekira pukul 23:30 WIB.

Ada lima pelaku dalam penangkapan yang dipimpin oleh Aipda Rudi Hartono, SH. Mereka adalah Herwanto alias Her alias Baron (37) pekerjaan petani, warga Dusun Sambileren, Desa Purwoasri, Kec. Gumukmas, Kab. Jember bertindak sebagai Eksekutor, lanjut Hermanto alias Jason (39) pekerjaan Petani, warga Dusun Banjarejo, Desa Gunungsari, Kec. Umbulsari Kab. Jember bertindak sebagai Eksekutor.

Musleh alias Grandong (48) pekerjaan Kaur Keamanan, Dusun Krajan Desa Sukoreno, Kec. Umbulsari, Kab. Jember bertindak sebagai penunjuk jalan, lanjut Sukarji Hermanto alias Karji alias Jhon (51) pekerjaan swasta, warga Dusun Gogosan, Desa Sukorejo, Kec. Kunir Kab. Lumajang bertindak sebagai supir, serta Misnali alias Kampret (31) pekerjaan Dagang, warga Dusun Trenggalek, Desa Sukorejo, Kec. Kunir, Kab. Lumajang bertindak sebagai penadah.

Dalam aksinya kawanan curwan ini dikenal sadis dan tak segan mengancam masyarakat dengan senjata tajam.

“Para pelaku selalu menggunakan senjata tajam, yang telah neresahkan masyarakat,” terang Kapolres Jember, AKBP. Kusworo Wibowo dalam pesan whatsappnya, tadi pagi.

Dalam penangkapan tersebut, polisi juga terpaksa melepaskan timah panas kepada beberapa pelaku karena berusaha kabur.

“Karena pelaku berusaha kabur, akhirnya anggota kami terpaksa mengambil tindakan tegas,”imbuh Kapolres.

Adapun beberapa barang bukti yang berhasil diamankan di antaranya 2 bilah celurit, 1 motor Honda Revo warna Hitam, 1 motor Honda Supra Fit warna hitam, 7 ekor sapi yang sudah dikembalikan kepada korban/ pemiliknya.

Kapolres kemudian mengapresiasi keberhasilan tim Cobra dibawah kepemimpinan Aipda Rudi Hartono yang telah melakukan lidik selama seminggu terakhir.

“Komplotan ini telah melakukan aksinya di beberapa TKP di Jember dan tidak menutup kemungkinan nanti setelah pengembangan akan terungkap lagi TKP di luar Jember,” tutupnya.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Amin
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here