H-1 Lebaran, Harga Daging Meugang di Abdya Rp. 200 Rb/Kg

Suasana Dilokasi pemotongan hewan yang bertempat dibantaran Krueng bekah, Desa Keude Siblah Kecamatan Blangpidie dikunjungi warga meski harga daging meugang Rp. 180 s/d 200 Perkilogram.

ACEH ABDYA, Kamis (14/6/2018) suaraindonesia-news.com – Suasana meugang hari raya idul fitri 1439 H /2018 di Aceh Barat Daya (Abdya) terlihat dilokasi pemotongan hewan yang bertempat dibantaran Krueng Bekah, Desa Kede Siblah, Kecamatan Blangpidie, dikunjungi warga meski dengan harga yang relatif tinggi, namun tidak sedikit warga yang hendak membeli daging meugang.

Meskipun harga daging masih bertahan mencapai Rp. 180.000 hingga Rp. 200.000 per kilogram nya, namun, bukan menjadi peenghalang bagi masyarakat Abdya untuk membawa pulang daging kerbau atau sapi buat anak-anak dan istrinya di rumah.

Hal tersebut diakui warga yang mendatangi lokasi pemotongan hewan, bahwa, membawa pulang daging saat hari meugang seperti jelang puasa ramadhan dan lebaran, merupakan suatu hal keharusan bagi kepala keluarga guna menikmati bersama di rumah.

“Walaupun harganyaRp, 200.000per kilogram tapi bagi orang tua bukan satu masalah demi anak-anak, dan ini merupakan tradisi yang sakral di Aceh, mau mahal atau tidak, daging megang tetap dibeli,” ungkap Yeni warga Desa Kuta Tinggi.

Kebiasaan ini sudah terjadi sejak zaman dahulu, tradisi meugang di Aceh pada umumnya yang sudah turun temurun ini terus dilakoni masyarakat, khususnya di kabupaten Abdya. Dimana, bagi orang tua juga telah mempersiapkan jauh-jauh hari sebelumnya, agar pada saat meugang anak-anaknya dapat menikmati makanan enak yang selama ini jarang didapatkan.

Panatauan suaraindonesia-news.com dilokasi pemotongan hewan, tepat di daerah aliran sungai krung beukah, dimana masyarakat yang berdatangan berasal dari berbagai kecamatan dalam kabupaten itu, dimana, lokasi pemotongan tersebut menjelang siang masih terus berdatangan, demi mendapatkan minimal satu kilogram daging.

Reporter : Nazli.Md
Editor : Amin
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here