Gubernur Malut Kukuhkan Tim Satgas Saber Pungli

Foto Gubernur Maluku Utara.KH Abdul Gani Kasuba Lc

Reporter:Ipul

Ternate, Senin (21/11/2016) Suaraindonesia-news.com – Gubernur KH Abdul Gani Kasuba Lc mengukuhkan Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Maluku Utara di Aula Mapolres Ternate, Jumat (18/11). Pengukuhan ini sebagai bentuk komitmen pemberantasan pungli di Maluku Utara.

Para Satgas ini, nantinya akan mengawasi setiap proses pengurusan izin dari praktik pungli dan akan menangkap para pelaku. Tim yang dikukuhkan melibatkan seluruh unsur Muspida.

Gubenur mengatakan, kerja tim sudah berjalan sejak instruksi Presiden Joko Widodo pada bulan Oktober 2016 lalu. Iswasum Polda Maluku Utara Kombes Pol Agus Supriyanto menjadi Ketua Tim Satgas Saber Pungli.

“Satgas ini baru dikukuhkan pada hari ini, agar efektivitas kerja maskimal. Tim ini kami informasikan kepada publik bahwa lebih serius untuk memberantas pungli di seluruh instansi di Maluu Utara,” kata Gubernur usai pengukuhan.

Gubernur menuturkan, pemberantasan pungli tidak berdasarkan nominal. Dia menegaskan berapa pun nominal pungli utamanya di layanan publik, akan tetap ditindak.

“Harus ada komitmen dan menghimbau kepada masyarajat untuk tidak terlibat dalam pungli. Kalau ada petugas yang meminta ya tolak dengan tegas,” kata dia.

Menurut gubernur, masyarakat juga harus membiasakan diri menjalani proses layanan resmi bukan malah ‘melegalkan’ pungli karena ingin percepatan mendapat pelayanan. “Jadi bayarnya itu ke retribusi yang resmi, jangan tidak resmi dan bukan ke kantong pribadi pelaku,” jelasnya.

Tim ini akan bekerja sesuai dengan pola pengamatan melalui cara-cara intelijen. Gubernur menyebut seluruh instansi di Maluku Utara akan menjadi fokus dari kinerja tim ini.

“Tentu akan ada sinergis dengan pihak kepolisian, TNI, kejaksaan dan unsur lainnya. Intinya bukan hanya operasi tangkap tangan saja, melainkan upaya pencegahan hingga mengilangkan budaya pungli dan memberikan efek jera. Kalau mencoba menebak-nebak instansi mana ya semua sektor kita pantau,” kata dia.

Tak hanya tingkat provinsi saja, tim juga akan dibentuk di tingkat kabupaten dan kota. Tim Saber Pungli diharapkan membawa dampak positif terhadap masyarakat.

Sementara Ketua Tim Saber Pungli, Kombes Pol Agus Supriyanto mengatakan, tim yang dikukuhkan melibatkan seluruh unsur Muspida Maluku Utarat, yakni Ketua DPRD, Kapolda, Kajati, Danderm, Kepala Pengadilan Tinggi.

“Itu sesuai keputusan gubernur,” katanya.

Ia berjanji akan menuntaskan aksi pungli pelayanan dan jasa baik swasta maupun instansi pemerintah. Agus berharap tim pungli ini dapat memberikan fit back yang menguntungkan masyarakat, sebab pungli dapat meresahkan masyarakat dan memperhambat perekonomian.

“Bisa kita ungkap, kita tangkap. Yang akhirnya akan memperbaiki perekonomian di Maluku Utara semakin baik dan bagus,” katanya.

Pihaknya juga sudah menyiapkan kantor pengaduan yang bertempat samping kiri Mapolres Ternate serta nomor pengaduan. Laporkan saja jika ditemukan, nanti kami tayangkan nomor mana dan posko mana.

“Kita tidak bisa bekerja sendiri, kalian wartawan bantu kami untuk mengekspos supaya masyarakat bisa tahu. Mari kita sama-sama memerangi pungli ini,” tegasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here